Search :

Advance


HUBUNGAN SIKAP SPIRITUAL DAN SIKAP SOSIAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amelia Zahara - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zahara, Amelia. 2017. Hubungan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbinng: (1) Drs. M. Yusuf Harun, M.Pd (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si Kata Kunci: hubungan, sikap spiritual, sikap sosial, hasil belajar IPS Terpadu Sikap merupakan suatu kecenderungan seorang individu dalam merespon suatu objek, sikap spiritual merupakan suatu kepercayaan akan adanya sesuatu yang lebih agung dari pada diri sendiri, sikap sosial merupakan sikap yang ada pada sekelompok orang yang menjadi perhatian seluruh anggota kelompok tersebut. Pembahasan mengenai sikap merupakan cakupan KI-1 dan KI-2 pada Kurikulum 2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap spiritual dan sikap sosial dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif dan signifikan antara sikap spiritual dan sikap sosial dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh sebanyak 104 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling menggunakan teknik Slovin dan jumlah sampel sebanyak 51 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan koefisien korelasi ganda. Berdasarkan pengolahan data, hasil koefisien korelasi ganda diperoleh sebesar 0,50 pada kategori cukup kuat dengan koefisien determinasi (r 2 ) = 25%. Hasil uji signifikansi juga menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung = 8,12 dan F tabel = 3,19 pada taraf signifikansi (α) 5% dengan dk pembilang = 2 dan dk penyebut = (51-2-1), maka F hitung > F tabel sehingga H a diterima. Berdasarkan ketentuan ini dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap spiritual dan sikap sosial dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP PEKERJAAN RUMAH DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Idami Syarifuddin, 2017)

HUBUNGAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahimah, 2013)

PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS AL-QUR'AN TERHADAP SIKAP SPIRITUAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Khairun Nisa, 2016)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP SISWA SMA NEGERI DI KOTA BANDA ACEH TERHADAP PEMANASAN GLOBAL (Farrah Fitria, 2016)

PENANAMAN SIKAP SOSIAL OLEH GURU PKN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 2,8 DAN 9 KOTA BANDA ACEH (Rismawati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.