//

ANALISA STABILITAS MODEL MATEMATIKA PADA MAKROFAG YANG TERINFEKSI VIRUS HIV

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Noka Rosyida - Personal Name
SubjectHUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUSES (HIV) - MEDICAL MIC
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang makrofag, sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun. Pada penelitian ini akan menganalisa stabilitas model matematika pada makrofag yang teinfeksi HIV. Model yang digunakan adalah model pengembangan dari model yang diperoleh dari penelitian oleh Siti Nurhasanah (2011) dengan model dinamika HIV tanpa respon T Cytotoxic. Pengembangan dilakukan dengan menambahkan unsur respon T Cytotoxic terhadap makrofag yang terinfeksi HIV. Model tersebut dapat dianalisis untuk mencari nilai titik tetap, matriks Jacobian, nilai eigen dan menentukan jenis kestabilannya. Pada pembahasan diperoleh 3 titik tetap, yaitu titik tetap yang pertama menunjukkan saat ketiadaannya infeksi, titik tetap kedua menunjukkan kestabilan makrofag saat mengalami infeksi HIV, dan titik tetap yang ketiga menunjukan kestabilan makrofag saat mengalami infeksi HIV dengan adanya respon T Cytotoxic. Dengan melakukan simulasi, menunjukkan bahwa jumlah makrofag secara perlahan pasti akan mengalami penurunan, jumlah populasi pada makrofag yang terinfeksi juga mengalami penurunan, sedangkan jumlah populasi pada sel T Cytotoxic akan terus mengalami peningkatan karena adanya proliferasi yang disebabkan replikasi virus. Kata kunci: HIV (Human Immunodeficiency Virus), model matematika, system persamaan diferensial.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI PENGENDALIAN PENYEBARAN VIRUS HIV MELALUI PENDEKATAN ANALITIK DAN NUMERIK (MIKSALMINA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA TENTANG HIV/AIDS (Noni Gusmawan, 2014)

PEMBUATAN ANIMASI MANUSIA TERINFEKSI VIRUS MERS MENGGUNAKAN BLENDER, ADOBE AFTER EFFECT, MOVIE MAKER (NOWI FATARIN MASTURA, 2015)

HUBUNGAN KADAR CD4 TERHADAP GAMBARAN FOTO TORAKS PADA PASIEN HIV/AIDS YANG DISERTAI KO-INFEKSI MYCOBACTERIUM TUBERCULOSIS (MTB) (Reza Prasetia Putra, 2014)

HUBUNGAN KADAR CD4 TERHADAP GAMBARAN FOTO TORAKS PADA PASIEN HIV/AIDS YANG DISERTAI KO-INFEKSI MYCOBACTERIUM TUBERCULOSIS (MTB) (Reza Prasetia Putra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy