Search :

Advance


PENANGANAN PENYAKIT ECTHYMA CONTAGIOSA (ORF) PADA KAMBING KACANG DI PUSKESWAN BUKLOH ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. NAZARUDDIN R - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PENANGANAN PENYAKIT ECTHYMA CONTAGIOSA (ORF) PADA KAMBING KACANG DI PUSKESWAN BUKLOH ACEH BESAR M. Nazaruddin R. 1402001010014 ABSTRAK Observasi penyebab dan kasus orf di Aceh besar dilakukan di Kecamatan Suka Makmur, Montasik, Ingin Jaya, Simpang Tiga, Kuta Malaka, dan Darul Kamal. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui cara identifikasi penyebab ternak bisa terkena kasus orf agar dapat dilakukan penanganan penyakit orf yang efektif dan sedini mungkin. Pemantauan kasus orf pada peternakan rakyat dilakukan selama 2 bulan dan bekerjasama dengan petugas-petugas lapangan yang ada di pos-pos Kesehatan Hewan Dinas Peternakan di enam kecamatan di Kabupaten Aceh Besar. Hasil studi menunjukkan bahwa banyak pengobatan di lapangan yang telah dilakukan pada ternak yang terinfeksi orf dinyatakan sembuh. Penyebab utama penyakit orf di wilayah Puskeswan Buklohadalah pemasukan ternak baru ke kandang tanpa melalui pemeriksaan dari peternak terlebih dahulu. Penyakit orfini menyerang semua ternak kambing baik jantan maupun betina pada semua umur. Namun ternak betina lebih banyak terserang karena hidup berkoloni daripada ternak jantan. Dari hasil studi ini dapat di simpulkan bahwa, pencegahan orf harus melakukan pemeriksaan fisik saat pemasukan ternak baru, pengisolasian ternak yang terinfeksi, pengobatan sedini mungkin, kebersihan ternak dan mencukupi kebutuhan gizi ternak untuk meminimalisirkan penyebaran orf ke ternak lain. kambing yang terinfeksi orf dilapangan memperlihatkan gejala klinis pada daerah permukaan tubuh yang terinfeksi yaitu daerah mulut, hidung, sekitar moncong, dan alat kelamin. Penanggulangan penyakit orf dapat dilakukan dengan cara program vaksinasi terutama didaerah endemik dan pemeliharaan ternak secara intensif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KASUS SKABIOSIS PADA KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI PUSKESWAN BUKLOH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulfan, 2017)

ESTIMASI JUMLAH ANAK YANG LAHIR BERDASARKAN PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI TRANSCUTANEUS RNPADA KAMBING KACANG (CAPRA SP.)RNRNRNESTIMASI JUMLAH ANAK YANG LAHIR BERDASARKAN PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI TRANSCUTANEUS RNPADA KAMBING KACANG (CAPRA SP.)RNRNRNESTIMASI JUMLAH ANAK YANG LAHIR BERDASARKAN PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI TRANSCUTANEUS RNPADA KAMBING KACANG (CAPRA SP.) (Megi Satria, 2014)

ESTIMASI JUMLAH ANAK YANG LAHIR BERDASARKAN PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI TRANSCUTANEUS PADA KAMBING KACANG (CAPRA SP.) (Megi Satria, 2015)

PERBANDINGAN KINERJA BERAHI KAMBING KACANG DAN KAMBING PERANAKAN ETTAWA (PE) YANG MENGALAMI INDUKSI BERAHI DENGAN PGF2 ALFA (Siti Rizki Hardyana Siregar, 2016)

PERBEDAAN KONSENTRASI ESTRADIOL KAMBING KACANG DAN NUBIAN YANG DIINDUKSI PROSTAGLANDIN F2 ALFA (Widya Zahara, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.