//

PENERAPAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENGATASI MISKONSEPSI, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SEL DI MAN DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Wulandari - Personal Name
SubjectMOTIVATION
TEACHING MATERIALS
BIOLOGY
STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Unsyiah
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep pada materi sel yang mengalami miskonsepsi, penerapan modul berbasis discovery learning dalam mengatasi miskonsepsi, meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI IA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur miskonsepsi dan hasil belajar siswa, angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 95% atau α 0,05. Hasil menunjukkan bahwa konsep yang mengalami miskonsepsi adalah mekanisme transpor melalui membran, hasil uji t menunjukkan bahwa > yaitu hasil belajar siswa 2,875 > 1,67 dan motivasi belajar 6,158 > 1,67. Dapat disimpulkan bahwa penerapan modul berbasis discovery learning dapat mengatasi miskonsepsi pada konsep komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel dan organel sel tumbuhan dan hewan, meningkatkan hasil belajar kognitif, dan motivasi siswa pada materi sel di MAN Darussalam. Kata Kunci: Modul berbasis discovery learning, Miskonsepsi, Hasil Belajar Siswa, Sel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

A REVIEW OF SOME EFFECTIVE TECHNIQUES AND MEDIA IN TEACHING ENGLISH TO STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY (LIBRARY RESEARCH) (Putri Rizqa Maulida Nst, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017)

PENERAPAN LEMBAR KEGIATANPESERTA DIDIK(LKPD) BERBASIS MISKONSEPSIUNTUK MEMPERBAIKI PEMAHAMAN KONSEP DAN MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN (Mila Ridhaul Fatwa, 2016)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy