Search :

Advance


PENERAPAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENGATASI MISKONSEPSI, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SEL DI MAN DARUSSALAM

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Wulandari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui konsep pada materi sel yang mengalami miskonsepsi, penerapan modul berbasis discovery learning dalam mengatasi miskonsepsi, meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi siswa. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan rancangan pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu XI IA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur miskonsepsi dan hasil belajar siswa, angket motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 95% atau α 0,05. Hasil menunjukkan bahwa konsep yang mengalami miskonsepsi adalah mekanisme transpor melalui membran, hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu hasil belajar siswa 2,875 > 1,67 dan motivasi belajar 6,158 > 1,67. Dapat disimpulkan bahwa penerapan modul berbasis discovery learning dapat mengatasi miskonsepsi pada konsep komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel dan organel sel tumbuhan dan hewan, meningkatkan hasil belajar kognitif, dan motivasi siswa pada materi sel di MAN Darussalam. Kata Kunci: Modul berbasis discovery learning, Miskonsepsi, Hasil Belajar Siswa, Sel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rahmi Fartiwi, 2015)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Misbahul Vaizia, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.