Search :

Advance


PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI TUNGKOP KECAMATAN BATEE KABUPATEN PIDIE

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIDHA MAULIA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulia, Ridha. 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Tungkop Kecamatan Batee Kabupaten Pidie. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si. (2) Drs. Awaluddin, M.Pd. Kata Kunci: pengaruh, lingkungan sekolah, motivasi belajar Salah satu komponen pendukung terlaksananya suatu proses pendidikan adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan belajar setelah lingkungan keluarga yang terlebih dulu memberikan ilmu-ilmu dasar bagi setiap anak. Motivasi belajar sangat penting bagi terlaksananya proses pembelajaran sehingga mampu tercapainya prestasi siswa yang lebih baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Tungkop Kecamatan Batee Kabupaten Pidie. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa SD Negeri Tungkop Kecamatan Batee Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Slovin dengan perkiraan tingkat kesalahan sebesar 10%, sehingga sampel yang digunakan adalah 73 siswa SD Negeri Tungkop yang terdiri dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang telah dipilih secara simple random sampling oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa SD Negeri Tungkop Kecamatan Batee Kabupaten Pidie sebesar 13%. Namun jika lingkungan sekolah meningkat sebesar 1 satuan maka motivasi belajar akan meningkat sebesar 0,382 satuan. Hal ini ditunjukan dengan persamaan Y= 25,959 + 0,382X 1. Dan analisis korelasi membuktikan adanya hubungan yang positif antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar. Hubungan yang positif berarti memiliki hubungan yang searah artinya jika nilai lingkungan sekolah tinggi maka motivasi belajar akan tinggi pula. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 KEMBANG TANJUNG KABUPATEN PIDIE (fatmawati, 2013)

PERSEPSI SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA(SUATU STUDY : DI SMAN 1 DARUSSALAM) (Nanda Tarisa Elwi, 2014)

KORELASI KINERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI KOTA SIGLI KABUPATEN PIDIE (NILAWATI, 2016)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA MIN BEUREUNUEN KABUPATEN PIDIE (RUSYDI, 2014)

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA RNGUGUS II SD KECAMATAN KEBAYAKANRNKABUPATEN ACEH TENGAH (Fatmasari, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.