Search :

Advance


POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK SIKAP SOSIAL ANAK (STUDI KASUS DI MASYARAKAT NELAYAN GAMPONG LAMPULO)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silvia Zulkarnain - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pola Asuh Orang tua, Sikap Sosial Anak, Masyarakat Nelayan Penelitian ini berjudul : “Pola Asuh Orang tua Dalam Membentuk Sikap Sosial Anak (Studi Kasus Pada Masyarakat Nelayan Gampong Lampulo)”. Masalah yang diangkat dalam penlitian ini adalah (1) Bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada masyarakat nelayan Gampong Lampulo, (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam membentuk sikap sosial anak pada masyarakat nelayan Gampong Nelayan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada masyarakat nelayan Gampong Lampulo, (2) Mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam membentuk sikap sosial anak pada masyarakat nelayan Gampong Lampulo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah (10) orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola asuh yang diterapkan pada masing-masing orang tua di masyarakat nelayan Gampong Lampulo sudah berjalan dengan baik, sebagian dari mereka menggunakan pola asuh demokratis. (2) Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua (eksternal-internal) adalah teman bermain dan pergaulan didalam rumah dengan keluarga. Simpulan (1) Pola asuh orang tua yang diterapkan masyarakat Gampong Lampulo dalam membentuk sikap sosial anak sudah berjalan dengan baik walaupun masih banyak hambatan dan dibutuhkan kesabaran ekstra agar pola asuh berjalan sesuai dengan harapan orang tua.(2) Faktor eksternal-internal yang mempengaruhi pola asuh orang tua adalah lingkungan tempat tinggal, teman bermain dan pengalaman orang tua sebelumnya dalam mendidik anak. Saran dalam penelitian ini yaitu kepada orang tua agar tetap memberikan yang terbaik kepada anak-anak, jadikanlah mereka generasi penerus bangsa yang kaya akan ilmu, pengalaman, dan berjiwa sosial. Kepada pemerintah agar menyediakan fasilitas pendidikan yang baik dan benar, sehingga para anak-anak dapat belajar lebih giat dan lebih baik lagi untuk menggapai cita-cita mereka di masa yang akan datang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA ASUH ANAK KELUARGA PETANI (STUDI KASUS DI GAMPONG ULEE TANOH KECAMATAN TANAH PASIR KEBUPATEN ACEH UTARA) (ahmad muhajir, 2014)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TEKNIK MENGHADAPI TEMPER TANTRUM PADA ANAK TODDLER DI GAMPONG TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Linda Kusuma, 2014)

PERAN GANDA ISTRI NELAYAN GAMPONG LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Lidya Laraswati D.Iskandar, 2016)

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PRA SEKOLAH (TK) (Nurhayati, 2014)

POLA ASUH ANAK USIADINI DALAM KELUARGA ORANG TUA TUNGGAL DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA (Shoumi Ramadhana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.