Search :

Advance


PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS I MAN 1 SIGLI

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diah Ramadhani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Strategi Pembelajaran Murder diadaptasi dari karya Bob Nelson yang terdiri dari Mood, Understand, Recall, Digest, Expand dan Review. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa; (2) Kesesuaian aktivitas guru dan siswa; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran murder.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 MAN 1 Sigli yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan(1) Lembar pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) Angket respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat pada siklus I 32 siswa tuntas, siklus II 35 siswa tuntas dan pada siklus III 36 siswa yang tuntas. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 60 persen pada siklus I menjadi 70 persen pada siklus II dan 90 persen pada siklus III. (2) Jumlah kesesuaian aktivitas guru dan siswa meningkat dari 6 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 9 aktivitas sesuai pada siklus II dan 11 aktivitas sesuai pada siklus III. (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,5 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 2,8 dengan kategori baik pada siklus II dan 3,1 dengan kategori baik pada siklus III. (4) Respon siswa positif terhadap penerapan strategi pembelajaran MURDER berbantuan media audiovisual. Hal ini terlihat cara guru menerangkan materi pelajaran 94,7 persen menjawab menarik, 97,2 persen siswa menjawab dapat memahami materi pelajaran yang baru diikuti, pendekatan pembelajaran 86,8 persen siswa mengatakan baru. Berkaitan dengan komponen-komponen pembelajaran, 94,7 persen siswa menjawab materi yang dipelajari menarik, 92,1 persen soal yang digunakan baik, 92,1 persen siswa menjawab suasana kelas menyenangkan, dan 97 persen siswa menjawab penampilan guru menarik. Berkaitan dengan minat untuk mengikuti pelajaran berikutnya, 92,1 persen siswa mengatakan berminat, 94,7 persen siswa menjawab penerapan strategi pembelajaran MURDER berbantuan audiovisual dapat memperjelas pemahaman terhadap materi pelajaran. Kata Kunci: strategi MURDER, media audiovisual, hasil belajar,geografi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IS-1 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Yayah Rodyah, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (M. Firman Irha, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE (IRNALITA, 2015)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME EDUKASI PERMAINAN MISKIN PADA SISWA KELAS X IPS 2 DI MAN BANDA ACEH 1 (CUT RIKA PUTRI, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (SHIDQI ISKANDAR, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.