//

PEMBELAJARAN MELALUI MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM UPAYA REKONSTRUKSI KONSEP SEL DI SMA NEGERI 2 SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dini Fitria - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
CELL (BIOLOGY)
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Dini Fitria. 2016. Pembelajaran Melalui Modul Berbasis Konstruktivisme dalam Upaya Rekonstruksi Konsep Sel di SMA Negeri 2 Sabang Pembimbing I Dr. Muhibbuddin, M.S., Pembimbing II Dr. Safrida, S.Pd., M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembelajaran melalui modul berbasis konstruktivisme dalam merekonstruksi konsep sel dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 2 Sabang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Penelitian ini dilaksanakan di tiga kelas yaitu XI IA 1, XI IA 2 dan XI IA 3 dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 80 orang. Instrumen yang digunakan adalah modul sel berbasis konstruktivisme dan tes diagnostik pre-test post-test dengan lembar jawaban CRI untuk menilai hasil belajar kognitif dan tingkat pemahaman peserta didik. Analisis data menggunakan rumus persentase dan one sample t-test pada taraf signifikan 95% atau α= 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 48,17 > 1,65 untuk hasil belajar berdasarkan skor pre-test dan post-test. Analisis rekonstruksi konsep menunjukkan 69.20% peserta didik paham konsep, 25,65% tidak paham dan 5,15% peserta didik miskonsepsi. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran melalui modul berbasis konstruktivisme dapat merekonstruksi konsep sel dan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di SMA Negeri 2 Sabang. Kata Kunci: Modul, Konstruktivisme, Rekonstruksi, Konsep Sel

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM (Aynani Tajrian, 2015)

PENERAPAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENGATASI MISKONSEPSI, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SEL DI MAN DARUSSALAM (Putri Wulandari, 2017)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (ARIFA DIANA, 2015)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR BERBASIS MASALAH UNTUK SMA DALAM UPAYA RNMENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (Izkar hadiya s.si, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy