//

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE INDEKS RESPON KEPASTIAN (IRK) PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM LINEAR DI SMAN 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Sarifah Alawiyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alawiyah, Nur Sarifah. 2017. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) Pada Materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ngadimin, M.Si., (2) Drs. Abdul Hamid, M.Si Kata Kunci : Konsep, Miskonsepsi, Indeks Respon Kepastian (IRK) Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui hasil identifikasi siswa yang mengalami Lucky Guess (LG), siswa yang Tahu Konsep (TK), siswa yang Tidak Tahu Konsep (TTK), dan siswa yang mengalami Miskonsepsi (M) dan pemahaman konsep siswa pada materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh dengan menggunakan metode Indeks Respon Kepastian (IRK). Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa dengan menggunakan metode Indeks Respon Kepastian (IRK) pada materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian dilakukan pada SMA Negeri 2 Banda Aceh di kelas XI MIPA5 sebanyak 20 orang siswa yang menjadi sampel. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes diagnostik dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata tingkat LG sebanyak 8,0%, TK sebanyak 28,8%, TTK sebanyak 25,5%, dan jawaban M siswa sebanyak 37,8%. hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil miskonsepsi fisika siswa SMA Negeri 2 Banda Aceh tinggi dibandingkan dengan jawaban siswa yang menjawab soal sesuai dengan konsep ilmiah atau tahu konsep. Tingginya persentase`siswa yang mengalami miskonsepsi dan siswa yang kurang pengetahuan ini menunjukkan tingkat pemahaman konsep siswa SMA Negeri 2 Banda Aceh masih sangat rendah. Diharapkan kepada para Guru agar dapat melakukan analisis konsepsi awal pada siswa supaya miskonsepsi dapat diatasi dari awal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA (Rahmi, 2016)

ANALISIS MISKONSEPSI GURU DAN BUKU TEKS BIOLOGI KELAS XI SMAN PADA MATERI SISTEM SARAFRN DI KABUPATEN NAGAN RAYA (IRMA HIDAYATI, 2014)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPON INDEX (CRI) PADA KONSEP GERAK DAN GAYA DI SMAN 5 BANDA ACEH (Sarianita, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018)

IDENTIFIKASI SEBAB TERJADINYA MISKONSEPSI PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK DINAMIS DI SMAN 2 BANDA ACEH (Dian Lestari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy