Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD MENGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS MAN DARUL ULUM KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arif Rachman - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ArifRachman, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mengunakan Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IS Pada Mata Pelajaran Geografi MAN Darul Ulum Kota Banda Aceh, skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si., (2) Drs. H. Syamsul Bardi, M,Si. Kata Kunci : Penerapan, STAD, Ular Tangga, Hasil Belajar, Geografi Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu model yang menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran. Media ular tangga adalah sebuah permainan yang mengunakan dadu untuk menentukan beberapa langkah yang harus dijalankan bidak, permainan ini termasuk dalam board game. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa;(2) Aktivitas guru dan siswa; (3)Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; dan (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatiftipe STAD berbantuan media ulartangga. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS MAN Darul Ulum Kota Banda Aceh yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) Lembar pre-test dan post-test; (2) Lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa; (3) Lembar pengamatan keterampilan guru; dan (4) lembar respon siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 17 siswa yang tuntas pada siklus I, 19 siswa tuntas pada siklus II, dan 21 tuntas pada siklus III, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 60% pada siklus I, 80% pada siklus II, dan 90% pada siklus III; (2) Aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi sesuai dengan persentase waktu ideal; (3) Keterampilan guru meningkat dari perolehan skor 2,53 pada siklus I dengan kategori sedang, skor 3,00 pada siklus II dengan kategori baik, dan 3,30 pada siklus III dengan kategori baik; (4) Respon siswa,terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ular tangga dapat dikatakan baik. Simpulan penelitian ini adalah 95 persen dari 22 siswa berpendapat bahwa dengan belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NENI WARISKI, 2016)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 RNPERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 RNPERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 (Rahmi Yanti, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH DARUL ‘ULUM BANDA ACEH (ROSMANIDAR, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (YANTI MUHARRAMI , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.