Search :

Advance


FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN MALARIA BERDASARKAN MODEL COMMUNITY AS PARTNER PADA PEKERJA TAMBANG EMAS GUNONG UJEUN KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2016

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ernani Wijaya - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN MALARIA BERDASARKAN MODEL COMMUNITY AS PARTNER PADA PEKERJA TAMBANG EMAS GUNONG UJEUN KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN 2016 ABSTRAK Ernani Wijaya NIM: 1309200180027 Komisi Pembimbing: Dr. Hermansyah, SKM., MPH Dr. Rusli Yusuf., M.Pd Kabupaten Aceh Jaya sangat rawan dengan penyakit malaria, ini disebabkan banyaknya masyarakat terutama di Gunong Ujeun Kecamatan Krueng Sabee yang melakukan penambangan emas sehingga berdampak terhadap tingginya angka kejadian malaria dan hingga saat ini angka Annual Parasite Incidence (API) per 1000 penduduk yaitu 0,2 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian malaria berdasarkan model Community As Partner pada pekerja tambang Emas Gunong Ujeun Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya tahun 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus s.d 28 September 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah para pekerja tambang emas Gunong Ujeun sebanyak 100 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi-square dengan menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejadian malaria berhubungan dengan faktor faktor perumahan (p = 0,000), pendidikan kesehatan (p = 0,016), keamanan/keselamatan (p = 0,013), pelayanan kesehatan ( p = 0,002 ), ekonomi (p = 0,004) dan faktor yang paling dominan pengaruhnya dengan kejadian malaria adalah faktor pendidikan kesehatan sehingga faktor yang berhubungan dengan kejadian malaria tersebut menjadi model Community As Partner. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara perumahan, pendidikan kesehatan, Keamanan/ keselamatan, pelayanan kesehatan, ekonomi, dengan kejadian malaria berdasarkan model Community As Partner pada pekerja tambang emas Gunong Ujeun Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Kata Kunci : Kejadian Malaria, Community As Partner, Pekerja Tambang Emas. Daftar Pustaka : 33 buku + 17 jurnal penelitian (2000 - 2015).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN PEMERINTAH ACEH JAYA DALAM PENGELOLAAN PERTAMBANGAN EMAS RAKYAT(STUDI KASUS PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN KRUENG SABEE) (AMINAH, 2014)

HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN STATUS EKONOMI MASYARAKAT TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI DESA PEULANDOK TEUNGOH KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (Siska Yani, 2015)

ANALISIS RISIKO KARAKTERISTIK, FAKTOR SOSIAL EKONOMI, PERILAKU MASYARAKAT DAN KONDISI LINGKUNGAN RUMAH TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT (Susy Sriwahyuni Sukiswo, 2015)

EVALUASI KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA MIN DAYAH BARO KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (JAMALUDDIN, 2014)

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA MALARIA DI KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Farid Alfatah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.