Search :

Advance


PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YATIM DAN SISWA PIATU PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmaily - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurmaily. 2017. Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa yatim dan Siswa Piatu Pada mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Musfiana, MM., (2) Dr. Amiruddin, M.Si Kata Kunci : Perbandingan, Prestasi Belajar, Yatim dan Piatu Penelitian ini berjudul “Perbandingan Prestasi Belajar antar Siwa Yatim dan Siswa Piatu pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Banda Aceh”. Penelitian ini dilakukan pada SMP 3 Banda Aceh yang beralokasi di jalan Nyak Adam Kamil III Neusu Jaya, Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan perbedaan prestasi belajar siswa yatim dan siswa piatu pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yatim dan piatu berjumlah 76 siswa, karena populasinya tidak terlalu besar maka semua populasi dijadikan sampel atau Total Sampling yaitu 55 siswa yatim dan 21 siswa piatu pada SMP Negeri 3 Banda Aceh. Adapun tehknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, observasi dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan nilai rapor. Hasil penelitian diketahui bahwa dari data yang diperoleh dari lapangan, nilai tertinggi siswa yatim sebesar 95 dan terendah sebesar 78, sedangkan nilai tertinggi siswa piatu sebesar 88 dan nilai terendah sebesar 70. Untuk nilai rata-rata siswa yatim sebesar 83, 31 dan utuk siswa piatu sebesar 81,14. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% ternyata thitung > ttabel, yaitu 2,47 > 1,992, maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan nilai prestasi belajar siswa yatim dengan siswa piatu. Sehingga hipotesis yang berbunyi “ diduga terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yatim dan siswa piatu di SMP Negeri 3 Banda Aceh” dapat diterima kebenarannya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BOARDING DAN NONBOARDING DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Habibullah, 2017)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 DAN SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013 (aja syarifah ridhka, 2014)

PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI RNDI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (YANA SAFNITA SARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.