//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KELANJUTAN STUDI ANAKNYA KE PERGURUAN TINGGI DI GAMPONG LABUHAN BAKTI KECAMATAN TEUPAH SELATAN KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Marliana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Marliana. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Kelanjutan Studi Anak ke Perguruan Tinggi di Gampong Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Faridah Yahya, M.Pd (2) Dr. TM Jamil, M.Si Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Kelanjutan Studi Anak Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan dorongan dari orang terdekat untuk itu sangat diperlukan peran orang tua agar anak memiliki penopang hidup, namun kenyataan yang sering kita jumpai hingga saat ini, sebagian masyarakat memiliki pandangan bahwa pendidikan belum menjamin masa depan yang lebih baik apalagi jika dilanjutkan hingga ke perguruan tinggi hanya akan membuang waktu dan material, ditambah biaya pendidikan perguruang tinggi yang mahal. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) persepsi masyarakat terhadap kelanjutan studi anak ke perguruan tinggi di gampong Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue, (2) faktor yang mempengaruhi kelanjutan studi anak ke perguruan tinggi di Gampong Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulue yang dilihat dari segi ekonomi, pendidikan, dan status sosial keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki anak yang telah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang berjumlah 7 orang responden dari 5 dusun di gampong Labuhan Bakti, sedangkan objek dalam penelitian ini terfokus pada persepsi masyarakat dan faktor yang mempengaruhi kelanjutan studi anak ke perguruan tinggi di gampong Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan Kabupaten Simeulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik studi kepustakaan dan lapangan (observasi dan wawancara), sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dianalisi secara kualitatif yaitu dengan dengan mendeskripsikan fakta-fakta bagaimana tanggapan masyarakat terhadap keberhasilan anaknya yang menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. Berdasarkan informasi dari responden hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) masyarakat menyadari akan berharganya pendidikan dan sekolah bagi anak (2) Faktor yang mempengaruhi kelanjutan pendidikan ialah kurangnya motivasi dari orang tua dan anak, pendidikan orang yang rendah, pekerjaan yang belum menjamin masa depan anak serta keterbatasan pendapatan yang dimiliki orang tua. v

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI MASYARAKAT TEUPAH BARAT TERHADAP TOKOH CERITA SI BAKUDO BATU DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIEMEULUE (Rinda, 2016)

TURIS ASING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SIMEULUE (STUDI DI DESA MAUDIL KECAMATAN TEUPAH BARAT) (Romi Fandayani, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LULUSAN SMA TIDAK MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI DI DESA LEUBANG KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMELUE FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LULUSAN SMA TIDAK MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI DI DESA LEUBANG KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMELUE (Ami Salfia, 2018)

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM SURAT KELUAR PADA KANTOR CAMAT KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE (Yunita, 2013)

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI SMAN 1 SIMEULUE CUT (Yogi Farmesa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy