Search :

Advance


HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KUALITAS TIDUR PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUDZA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Puja Afriyani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kecemasan merupakan gejala psikologis yang dialami oleh semua orang. Kemoterapi pada pasien kanker payudara dapat meningkatkan kecemasan sehingga berpengaruh terhadap kualitas tidur pasien tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan tingkat kecemasan terhadap kualitas tidur pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain cross sectional. Alat ukur menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) untuk menilai tingkat kecemasan dan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk menilai kualitas tidur. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sebanyak 40 responden. Hasil analisa data dengan Mann-Whitney U-Test nilai p adalah 0,002 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN KANKER TELINGA, HIDUNG, DAN TENGGOROK, KEPALA, LEHER (THT-KL) YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD RSUDZA (Sutrisno Habibi Lbs, 2017)

GAMBARAN TINGKAT DEPRESI, KECEMASAN DAN STRESRNPADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI BLUD - RSUDZA BANDA ACEH (Putri Novrisa, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KEMOTERAPI KANKER PAYUDARA DENGAN LEUKOSIT DI RUANG RAWAT INAP KEMOTERAPI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (GHINA KHALISHAH, 2017)

GAMBARAN DERAJAT NYERI BERDASARKAN NUMERICAL RATING SCALE (NRS) PADA PASIEN KANKER PAYUDARA (Ade Putri Rinanda Ayoumi, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rozalia Zainab, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.