Search :

Advance


KORELASI ANTARA KEPEDULIAN ORANG TUA DENGAN KUALITAS PERTEMANAN REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMP N 10 TAKENGON)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ipak Rima Tuah Niate - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Niate, Ipak, Tuah, Rima. 2016. Korelasi Antara Kepedulian Orang Tua dengan Kualitas Pertemanan Remaja di SMP N 10 Takengon. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Said Nurdin, M. Si., (2) Drs. Abu Bakar, M. Si Kata Kunci:Kepedulian Orang Tua, Kualitas Pertemanan Remaja Orang tua yang peduli terhadap pertemanan anaknya tentu akan mengusahakan dengan sedemikian rupa agar anak-anaknya dapat mempunyai teman yang baik di lingkungannya. Penelitian ini berupaya mendeskripsikan korelasi antara kepedulian orang tua dengan kualitas pertemanan remaja di SMP N 10 Takengon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara kepedulian orang tua dengan kualitas pertemanan remaja. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa di SMP N 10 Takengon yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalahnonprobability sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan instrumen berupa angket. Butir-butir soal yang direspon oleh responden penelitian dalam jawaban lima kategori. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian orang tua di SMP N 10 Takengon pada umumnya berada pada kategori sedang, sementara kualitas pertemanan remaja berada pada kategori sedang. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian agar terjawab rumusan nomor 1 dan 2 adalah analisis deskriptif persentase, sedangkan untuk rumusan masalah nomor 3 menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi terdapat korelasi yang signifikan antara kepedulian orang tua dengan kualitas pertemanan remaja yang diperoleh adalah r_xy= 0,720 dengan tingkat signifikan 0,000. Artinya hipotesis diterima kebenarannya, yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara kepedulian orang tua dengan kualitas pertemanan remaja. Dengan demikian semakin tinggi kepedulian orang tua maka akan semakin baik kualitas pertemanan anak di SMP N 10 Takengon. Beberapa saran direkomendasikan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PERTEMANAN DENGAN BULLYING VICTIMIZATION PADA REMAJA SMP DI KOTA BANDA ACEH (Aulia Denisa Putri, 2017)

KONTRIBUSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PENCAPAIAN STATUS IDENTITAS DIRI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMAN 2 TAKENGON ) (Rina Yanti, 2017)

HUBUNGAN DUKACITA DAN RESILIENSI PADA REMAJA YANG MENGALAMI KEMATIAN ORANG TUA (Nurul Rahmi, 2016)

PERSEPSI SISWA TERHADAP NARKOBA DAN KAITANNYARNDENGAN KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBARN(STUDI KORELASIONAL PADA SISWA-SISWA DI SMP NEGERI 9 DAN SMP NEGERI 20RNTAKENGON ACEH TENGAH) (jaharani alasta, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.