Search :

Advance


PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD GUGUS MARKISA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmutiya - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurmutiya. 2017. Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurhaidah, M.Pd., (2) Drs. M. Yamin, M.Ed Kata kunci: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik Dalam pengembangan penilaian pembelajaran tematik kurikulum 2013, penilaian hasil belajar peserta didik yang dituntut dalam kurikulum 2013 adalah penilaian autentik. Penelitian ini akan mengangkat pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pemahaman guru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh, (2) menggambarkan pelaksanaan penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik berdasarkan kurikulum 2013 SD Gugus Markisa Kota Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas I dan kelas IV di Gugus Markisa Kota Banda Aceh yang berjumlah 12 orang. Alasan peneliti mengambil subyek tersebut karena guru tersebut paling mengetahui tentang penilaian autentik dikarenakan sering mengikutikan pelatihan, sehingga memiliki kualitas informasi yang dibutuhkan oleh peneliti, serta kondisi subjek dapat mewakili karakteristik dari objek yang akan di teliti. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan (1) pemahaman guru mengenai penilaian autentik sudah baik dapat dilihat dari perbedaan pendapat dari pengertian, bentuk penilaian, teknik dan instrumen penilaian autentik. (2) guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya dan penilaian jurnal. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian projek dan penilaian portopolio

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI GUGUS BUNGONG MEULUE BANDA ACEH (Nur Ismianti, 2014)

KENDALA GURU MATEMATIKA TERHADAP PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI KOTA MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (FATMA ELIZA NASUTION, 2015)

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PENILAIAN PADA PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH. (Dian Julianti, 2017)

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 OLEH GURU KIMIA DI SMA NEGERI BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017 (Zulfathur Rifka, 2017)

KENDALA GURU PADA PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN EKSPONEN DAN LOGARITMA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 (Siti Maghfirah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.