Search :

Advance


PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MOBILITAS SOSIAL WANITA DI GAMPONG LAKSANA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Diani Khairunnisa - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Pendidikan, Pendapatan, Mobilitas sosial. Penelitian ini berjudul Pendidikan dan Pendapatan terhadap Mobilitas Sosial Wanita di Gampong Laksana Banda Aceh mengangkat masalah (1) bagaimana peran pendidikan dan pendapatan terhadap mobilitas sosial wanita di Gampong Laksana Banda Aceh (2) apa isi muatan pendidikan dan pendapatan sehingga berperan terhadap mobilitas sosial wanita di Gampong Laksana Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) peran pendidikan dan pendapatan terhadap mobilitas sosial wanita di Gampong Laksana Banda Aceh dan (2) isi muatan pendidikan dan pendapatan sehingga berperan terhadap mobilitas sosial wanita di Gampong Laksana Banda Aceh. Subjek penelitian ini wanita pekerja di Gampong Laksana yang berjumlah 581 orang. Pengambilan informan dipilih secara purposive sampling yang berjumlah 11 orang. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dan pengolahan data menggunakan analisis kualitatif, data yang telah dikumpulkan di reduksi, dilanjutkan dengan penyajian data lalu diverifikasi dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan pendapatan karena wanita yang berpendidikan punya peluang yang lebih besar untuk berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa 1) wanita di Gampong Laksana yang berpendidikan mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang lebih layak, 2) pada pendidikan terdapat panduan bagaimana wanita untuk bisa mendapatkan pendapatan yang lebih baik dengan kesempatan memperoleh informasi tentang pekerjaan apa yang harus dilakukan yang mendorong wanita di Gampong Laksana berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lainnya. Disarankan penelitian tentang mobilitas sosial dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal yang belum terungkap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI INTERPERSONAL ETNIS ACEH DENGAN ETNIS TIONGHOA (STUDI TERHADAP STEREOTIP PADA MASYARAKAT GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (FERRY GELLUNY PUTRA, 2016)

MOBILITAS SOSIAL KELUARGA TRANSMIGRASI PENEMPATAN TAHUN 1981 DAN KETURUNANNYA DI DESA KRUENG ITAM KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA (Diah Wuri Hastuti, 2017)

PERBANDINGAN KESIAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK TODDLER DI GAMPONG LAMBAED ACEH BESAR DAN GAMPONG LAKSANA KOTA BANDA ACEH (NARIS SUCIATI, 2016)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT RN( STUDI DI GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Syahrial, 2014)

MOBILITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT NELAYAN (STUDI DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Masna, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.