Search :

Advance


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN EDUKASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI SEKOLAH SIAGA BENCANA KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Qurrata Aini - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang berkesinambungan mempengaruhi pelaksanaan sekolah siaga bencana. Keberhasilan Pengurangan Risiko Bencana dipengaruhi faktor internal dan eksternal sekolah. Tujuan penelitian ini adalah melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana meliputi kebijakan pendidikan, kesadaran akses material, kapasitas guru, motivasi dan kreatifitas guru, kemitraan dengan stakeholder, personil berdedikasi dan anggaran serta partisipasi murid. Penelitian adalah analitik korelatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 104 guru. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 42 pertanyaan dalam skala Likert dan dichotomy choice. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kebijakan pendidikan dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kesadaran dan akses material dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kapasitas guru dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara motivasi dan kreatifitas guru dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara kemitraan sekolah dengan stakeholder dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan antara personil berdedikasi dan anggaran dengan pelaksanaan edukasi PRB, terdapat hubungan partisipasi murid dengan pelaksanaan edukasi PRB. Kesimpulan bahwa faktor kebijakan pendidikan, kesadaran dan akses material, kapasitas guru, motivasi dan kreativitas guru, kemitraan sekolah dengan stakeholder, personil berdedikasi dan anggaran, serta partisipasi murid mempengaruhi pelaksanaan edukasi Pengurangan Risiko Bencana. Rekomendasi bagi komponen sekolah untuk meningkatkan kesadaran, kapasitas, motivasi dan kreativitas guru untuk edukasi pengurangan risiko bencana serta meningkatkan partisipasi murid dalam simulasi bencana.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KETERSEDIAAN DATA GEOPASIAL DALAM MENDUKUNG PENGURANGAN RISIKO BENCANA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (Ikramullah, 2016)

PENGARUH PENGINTEGRASIAN KURIKULUM KEBENCANAAN PADA MATA PELAJARAN SEKOLAH TERHADAP TINGKAT KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SIAGA BENCANA DI BANDA ACEH (Zainur Hafiz Yusa, 2017)

STUDI KELAYAKAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA (TES) TSUNAMI DITINJAU DARI LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KOTA BANDA ACEH (DERIAL NOVRIANDRI, 2016)

PERBANDINGAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPARNBUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR RNSIAGA BENCANA DAN NON SIAGA BENCANARNDI BANDA ACEH (MABRUR RIZA, 2015)

PENGARUH METODE SIMULASI PENGURANGAN RISIKO BENCANA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI ANCAMAN BENCANA GEMPA BUMI DI SD ULEE PAYA PULO BREUH RNACEH BESAR (POCUT ZAIRIANA FINZIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.