Search :

Advance


GAMBARAN PELAKSANAAN PRINSIP ETIK KEPERAWATAN DALAM ASUHAN KEPERAWATAN PADA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FADHILLAH - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pelaksanaan prinsip etik dapat mencegah terjadinya bahaya fisik dan emosional bagi pasien dalam asuhan keperawatan serta merupakan salah satu dari 12 kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan prinsip etik dalam asuhan keperawatan yang diberikan oleh perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana yang bekerja di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified random sampling, sebanyak 54 responden dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian secara umum didapatkan bahwa pelaksanaan prinsip etik keperawatan tergolong kedalam kategori baik (72,2%). Pelaksanaan prinsip etik keperawatan perawat pelaksana ditinjau dari prinsip Autonomy baik (64,8%), Beneficence baik (68,5%), Non maleficence baik (72,2%), Justice baik (72,2%), Veracity baik (74,1%) dan Fidelity baik (72,2%). Berdasarkan data demografi responden didapatkan bahwa semakin bertambah usia, lama kerja dan tingkat pendidikan perawat maka semakin baik pelaksanaan prinsip etik keperawatan. Pelaksanaan prinsip etik keperawatan ditinjau dari umur 26-35 tahun baik (100%), lama kerja >3 tahun baik (100%) dan pendidikan Ners baik (87,5%). Kepada komite bagian keperawatan diharapkan dapat meningkatkan program kerja serta mengadakan supervisi secara berkala terkait pelaksanaan prinsip etik agar dapat tercipta asuhan keperawatan yang berkualitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN SPIRITUAL DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Novita Estetika K, 2016)

DIMENSI KEPEMIMPINAN SPIRITUAL KEPALA RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Narawidya Safputri, 2017)

GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN MOTIVASIRNINTRINSIK PERAWAT PELAKSANA DALAM MEMBERIKANRNPELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (AYU MULYANI, 2014)

HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) PERAWAT PELAKSANA TERHADAP PENERAPAN PROSES KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Lina Fati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.