//

HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN PRESTASI AKADEMIK REMAJA DI SMPN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Isnani Layina Shafura - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Persentase remaja (15-19 tahun) yang mengalami kecanduan Game Online terus meningkat setiap tahunnya. Ketergantungan game online yang dialami pada remaja, dapat mempengaruhi berbagai aspek termasuk prestasi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan kecanduan game online dengan prestasi akademik remaja dilihat dari komponen salience, tolerance, withdrawal, mood modification, relapse, conflict dan problem. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMPN Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proporsional random sampling sebanyak 80 responden dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala likert untuk variabel independen dan dokumentasi nilai rata-rata raport untuk variabel dependen. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil uji chi square diketahui bahwa p-value = 0,000, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan tingkat kecanduan game online dengan prestasi akademik remaja. Hasil penelitian juga didapatkan terdapat hubungan tingkat kecanduan game online dengan prestasi akademik remaja ditinjau dari komponen salience (p-value = 0,053), tolerance (p-value = 0,001), withdrawal (p-value = 0,027), conflict (p-value = 0,018), problem (pvalue = 0,011) dan tidak terdapat hubungan tingkat kecanduan game online dengan prestasi akademik remaja ditinjau dari komponen mood modification (pvalue = 0,351) dan relapse (p-value = 0,077). Disarankan agar perawat komunitas memberikan penyuluhan tentang dampak kecanduan game online dilingkungan sekolah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERILAKU ADIKSI GAME ONLINE DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF REMAJA (13-15 TAHUN) DI SMP NEGERI 8 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (PUTRI ASNANI, 2013)

HUBUNGAN GAME ONLINE DENGAN CARA-CARA BELAJAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGRI TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (HERI JUANDA, 2016)

PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI REMAJA (STUDI PADA MAHASISWA PEMAIN GAME ONLINE DI FAKULTAS MIPA PROGRAM STUDI INFORMATIKA UNSYIAH BANDA ACEH) (Teuku Romy Syahputra, 2017)

HUBUNGAN ANTARA DEPRESI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA SISWA SMP DI BANDA ACEH (Halida Ulfah, 2017)

THE USE OF BINGO GAME TO IMPROVE STUDENTS' VOCABULARY MASTERY (AN EXPERIMENTAL RESEARCH AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 16 BANDA ACEH) (Rita Novianti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy