//

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH (SUATU PENELITIAN PADA SISWA KELAS X DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Qonita Fitriana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitriana, Qonita. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Sosial Siswa di Sekolah (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas X di SMA Unggul Negeri 2 Boarding School Banda Aceh). Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Nurhasanah, M.Pd., (2) Drs. Said Nurdin, M.Si Kata kunci: Kecerdasan Emosi, Penyesuaian Sosial Kecerdasan emosi merupakan suatu kemampuan yang terdapat dalam diri seseorang yang dikelola melalui manajemen perasaan untuk mengontrol kondisi negatif menjadi kekuatan positif dan hubungannya dengan penyesuaian sosial. Dalam hal ini penyesuaian sosial yang dimaksud adalah penyesuaian diri siswa dalam berinteraksi dengan guru, teman sebaya, dan situasi-situasi tertentu yang ada di lingkungan sekolah secara efektif melalui pengembangan aspek kesadaran diri, pengelolaan emosi, pemanfaatan emosi, empati, dan keterampilan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang variabel kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial siswa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kecerdasan emosi terhadap penyesuaian sosial siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah populasi adalah 118 yang terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Unggul Negeri 2 Boarding School Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket tertutup dengan skala 1-5. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan cara anallisis deskriptif dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial siswa adalah 0,656 (koefisien determinasi) yakni 65% dan sisanya 35% dipengaruhi oleh variabel lain.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS X SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH (hasnidar, 2016)

PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONALRNTERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWARN(SUATU PENELITIAN SISWA, SMK NEGERI 2 BANDA ACEH) (Azan Nur, 2014)

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS 3 SMAN 1 DAN SISWA KELAS 3 MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM YPUI BANDA ACEH (muhajir, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM (M. Rizki Ramadhan, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy