//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Edi Yuswar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : hasil belajar, student facilitator and explaining, think talk write, IPS terpadu Model pembelajaran merupakan rancangan dasar bagi seorang guru untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar. Diantara model pembelajaran adalah model student facilitator and explaining dan model think talk write. Kedua model pembelajaran ini menjadikan siswanya untuk dapat berperan aktif dalam kelompok, melatih cara berfikir siswa dan melatih keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik dari pada dengan menggunakan model think talk write dengan berbantuan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ingin Jaya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik daripada dengan menggunakan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ingin Jaya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang menjadi sampel yaitu siswa kelas VIII-A berjumlah 21 orang dan siswa kelas VIII-B berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan test kepada peserta didik, tes terdiri dari tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan diperoleh t hitung pada taraf signifikansi 5% dan dk = 39 yaitu 1,67. Maka t hitung = 3,67 dan t tabel > t tabel diterima Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran think talk write berbantuan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ingin Jaya. sehingga H a

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN RNKONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR (SRI RATNA DEWI, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBANTUAN MEDIA KARTU DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 1 INGIN JAYA (Reva Saputra, 2018)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH (Juli Melya Sari, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Munadia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy