Search :

Advance


HUBUNGAN INTERNET ADDICTION DENGAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rina Maulida - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Sejalan dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan internet tidak dapat dipungkiri lagi. Kini internet semakin dibutuhkan dan digunakan sebagian besar masyarakat. Secara tidak sadar, sebagian orang menganggap internet sebagai kebutuhan primer bagi hidupnya, bahkan tidak sedikit dari mereka yang termasuk ke dalam golongan addict atau kecanduan. Begadang untuk menjelajah internet dan chatting di situs jejaring sosial menjadi alasan bagi remaja mengalami kurang tidur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara internet addiction dengan pola tidur pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian dilakukan pada tanggal 7-8 Juni 2017. Desain penelitian menggunakan desain korelasional dengan pendekatan Cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportional stratified random sampling, dengan jumlah populasi sebanyak 469 orang, sedangkan jumlah sampel yang digunakan berjumlah 91 responden. Internet Addiction diukur dengan menggunakan kuesioner Internet Addiction Test (IAT) dan pola tidur diukur dengan kuesioner pola tidur. Hasil penelitian membuktikan bahwa 58 responden (63,7%) mengalami kecanduan internet sedang dan 47 responden (51,6%) mengalami gangguan pola tidur, sedangkan hasil korelasi chi-square didapatkan p-value = 0,004 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecanduan internet dengan pola tidur pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Adapun yang perlu dilakukan agar mahasiswa mampu mengurangi tingkat kecanduan internet dengan cara memberi jadwal penggunaan internet dan harus bisa mengontrol pemakaian sesuai kebutuhan mahasiswa, dan penggunaan internet tidak boleh sampai larut malam agar bisa meningkatkan pola tidur yang baik pada mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KETAGIHAN INTERNET DENGAN GEJALA INSOMNIA PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Atin Hardianti, 2015)

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Maghfirah Nur Erfa, 2016)

HUBUNGAN ADIKSI INTERNET DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Andry Khairani Ramadana, 2015)

HUBUNGAN SMARTPHONE ADDICTION DENGAN KECENDERUNGAN NOMOPHOBIA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Elvira Rossa, 2016)

DISORGANISASI SOSIAL PADA MAHASISWA (ANALISIS PERILAKU INTERNET ADDICTION MAHASISWA INFORMATIKA UNSYIAH) (ELSA DIANITA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.