Search :

Advance


DAMPAK WISATAWAN ASING TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT (STUDI PADA MASYARAKAT DI KEC. LHOKNGA KAB. ACEH BESAR)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M.furqan - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Berkembangnya pariwisata di tengah masyarakat membawa pengaruh terhadap kehidupan sosial budaya. Pariwisata selalu mempertemukan dua atau lebih kebudayaan yang akan menghasilkan berbagai proses perubahan seperti akulturasi, dominasi, asimilasi, adopsi, adaptasi dan sebagainya. Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lhoknga telah membawa pengaruh terhadap masyarakat lokal di daerah sekitar objek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pariwisata terhadap perubahan sosial budaya masyarakat dan mengetahui bentuk perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat Lhoknga akibat perkembangan pariwisata di Mukim Lhoknga. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perubahan sosial budaya pada masyarakat lokal di Mukim Lhoknga, Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Namun perubahan yang dimaksud masih dikategorikan perubahan secara mikro, karena tidak membawa pengaruh yang mendalam pada kehidupan masyarakat lokal. Dampak pariwisata terhadap perubahan sosial budaya masyarakat dapat dipilah menjadi dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya yaitu dengan adanya pariwisata telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal yang dapat meningkatkan pendapatan ekonomi, mampu menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Jepang. Terbukanya akses bagi masyarakat lokal ke jaringan yang lebih luas, memperlihatkan keindahan alam dan budaya yang tak lepas dari rasa untuk meningkatkan persaudaraan dalam lingkungan nasional dan internasional Sedangkan dampak negatif yaitu, lunturnya budaya lokal (tradisional) akibat masuknya budaya luar (modern). Adapun bentuk-bentuk perubahan dapat dilihat dari dua segi yaitu perubahan segi sosial dan perubahan dari segi budaya. Bentuk perubahan dari segi sosial yaitu terjadinya perubahan struktur sosial masyarakat lokal dengan beralihnya sektor pekerjaan dari petani atau nelayan ke sektor industri, Meningkatnya keinginan untuk berpendidikan tinggi, sedangkan perubahan dari segi budaya yaitu terjadinya perkawinan dari dua unsur budaya yang berbeda, perubahan pada penggunaan bahasa, perubahan cara berpakaian dan perubahan perilaku dalam keluarga. Kata Kunci : Pariwisata, Wisatawan Asing, Perubahan Sosial, Perubahan Budaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TURIS ASING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT SIMEULUE (STUDI DI DESA MAUDIL KECAMATAN TEUPAH BARAT) (Romi Fandayani, 2017)

PENGARUH KEBERADAAN PT.SAI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI PADA MASYARAKAT (Salma, 2014)

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT LOKAL AKIBAT PERKEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATARN(STUDI DI GAMPONG IBOIH KECAMATAN SUKA KARYA KOTA SABANG) (SARENA AFRINA, 2015)

KEARIFAN LOKAL DAN KEBERLANJUTAN EKOLOGISPADA MASYARAKAT DI KECAMATAN TRIPA MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (DEVI INTAN CHADIJAH, 2015)

PERUBAHAN NILAI SOSIAL MASYARAKAT GAMPONG PULOT KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR PASCA 10 TAHUN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI ACEH (Fachrul Razi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.