Search :

Advance


HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMA LIZA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Liza, Rahma. 2017. Hubungan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dr. Israwati, M.Si. (2) Drs. Alfiati Syafrina, M.Pd Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah fasilitas belajar. Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang berupa sarana dan prasarana yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar agar tercapainya tujuan pendidikan. Semakin lengkap fasilitas belajar akan semakin mempermudah mahasiwa dalam melakukan kegiatan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada hubungan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat hubungan antara penggunaan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala angkatan 2013 sampai dengan angkatan 2015. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 157 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket tentang fasilitas belajar dan dokumentasi prestasi belajar yang berupa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan koefisien korelasi dengan uji t, pada taraf signifikan α = 5% dan n = 157. Hasil analisis data diperoleh rhitung < rtabel yaitu, -0,015 < 0,156 artinya korelasi fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa sangat rendah. Hasil tinjauan hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05, dk = 155, diperoleh thitung ≤ ttabel yaitu -0,187≤ 1,975. Koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0,0225 atau 2,25%. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa H0 diterima dan tolak H1 yang artinya tidak ada hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Syiah Kuala.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISIRNPROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKARNUNIVERSITAS SYIAH KUALA (Surasta Sari Dewi, 2014)

PENGARUH FASILITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (adya is ula, 2014)

PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN FKIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN(FKIP) UNIVERSITAS SYIAH KUALA (diska nadya, 2015)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG MENDAPATKAN BEASISWA BIDIKMISI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Karistianti, 2013)

PRESTASI MAHASISWA PENERIMA BEASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizki, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.