Search :

Advance


INVESTIGASI SUB PERMUKAAN PADA LOKASI LONGSOR JALAN MEULABOH-TUTUT KM 65 MENGGUNAKAN METODE MASW

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nazri Ali - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Pengetahuan tentang struktur lapisan bawah permukaan sangat diperlukan untuk memperkirakan tingkat kerawanan suatu daerah terhadap suatu kemungkinan terjadinya tanah longsor. Investigasi geoteknik tentang karakteristik fisis struktur lapisan bawah permukaan merupakan tahap awal yang harus memenuhi syarat dan ketentuan. Penelitian ini meggunakan metode MASW (Multichannel Analisys of Surface Wave), yang merupakan salah satu metode geofisika yang dapat digunakan untuk menentukan struktur bawah permukaan tanah. Untuk mengetahui secara jelas bentuk dan struktur lapisan material di bawah permukaan bumi, maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode MASW (Multichannel Analisys of Surface Wave). Metode ini dilakukan dengan memancarkan gelombang ke bawah permukaan perlapisan batuan. Respon tanah atau batuan direkam melalui geophone yang terpasang di atas permukaan tanah. Dengan mengukur sifat perambatan gelombang permukaan Rayleigh, melalui metode ini dapat diketahui parameter dinamik tanah kecepatan gelombang geser (Vs), Penelitian ini akan dilakukan di Desa Lancong, Kecamatan Sungai Emas, Kabupaten Aceh Barat. Ada dua titik/lintasan penelitian lapangan yang telah ditinjau yaitu dengan tujuan untuk memperoleh kecepatan gelombang geser (Vs) tanah pada lokasi tersebut. Setelah memperoleh data dari hasil pengujian MASW, selanjutnya data yang ada diinterpretasikan dengan menggunakan software SeisImager/SW dan selanjutnya dimodelkan ke dalam bentuk profil dua dimensi (2D) dengan menggunakan software Surfer. Hasil profil dua dimensi (2D) yang diperoleh pada lintasan 1 terdapat tiga jenis karakter tanah yaitu tanah lunak, tanah sedang dan tanah keras dan profil dua dimensi (2D) lintasan 2 terdapat dua karakter tanah yaitu tanah lunak dan tanah sedang. Data yang diperoleh oleh SeisImager yaitu nilai (Vs) yang kemudian dibandingkan dengan data NSPT terdapat keserupaan yang sesuai dengan grafik masing-masing data.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SURVEI TANAH LONGSOR DI LOKASI LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN KUAT TEKAN SELINDER BEBAS (Rahmad Hidayat, 2017)

KAJIAN TANAH LONGSOR DI GUNUNG PARO KM 34 KABUPATEN ACEH BESAR MENGGUNAKAN PENGUJIAN KUAT TEKAN (SYAHROL, 2017)

INVESTIGASI SUB PERMUKAAN PADA LOKASI LONGSOR JALAN MEULABOH-TUTUT KM 65 MENGGUNAKAN METODE MASW (Nazri Ali, 2017)

INVESTIGASI BIDANG GELINCIR LONGSOR MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK (STUDI KASUS: JALAN GEUMPANG-MEULABOH, DESA LANCONG KECAMATAN SUNGAI MAS, KABUPATEN ACEH BARAT) (Indra Purnama, 2016)

INVESTIGASI GEOTEKNIK BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE SEISMIK MASW PADA PEMBANGUNAN JEMBATAN SINGGAH MATA, RUAS JALAN BABAH ROET - TRANGON KM 27, ACEH BARAT DAYA (MUHAZIR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.