Search :

Advance


KONFLIK PERAN GANDA DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA PERAWAT WANITA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T.muda Azlyansyah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Perawat yang bekerja di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh sebagian besar merupakan ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak dan suami dimana selain memiliki tanggung jawab sebagai seorang perawat juga memiliki tanggung jawab terhadap keluarganya. Hal tersebut dapat menyebabkan konflik peran ganda pada perawat wanita yang bekerja. Dampak konflik peran ganda tersebut dapat berakibat pada menurunnya komitmen dalam organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan konflik peran ganda terhadap komitmen organisasi pada perawat wanita yang telah menikah di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik quota sampling, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 perawat yang telah menikah. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Work-Family Conflict and Family-Work Conflict (WFC & FWC) yang dikembangkan oleh Netemeyer, dkk (1996) dan Skala Komitmen Organisasi Three Component Model (TCM) dari Allen dan Meyer (2004). Hasil analisis menggunakan Product Moment Correlation Pearson menunjukkan r = -0,200 dengan nilai p = 0,036 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara konflik peran ganda dengan komitmen organisasi. Hubungan negatif ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konflik peran ganda, maka akan semakin rendah tingkat komitmen organisasi. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat komitmen organisasi, maka akan semakin tinggi tingkat konflik peran ganda. Kata kunci: Konflik Peran Ganda, Komitmen Organisasi, Perawat RSUD Zainoel Abidin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA DANRNDAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITARNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (HUSNAWATI, 2014)

KONFLIK PERAN GANDA DAN STRES KERJA PADA KARYAWAN WANITA BANK BUMN DI BANDA ACEH (T Syahrul Ramadhana, 2016)

PERBANDINGAN BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PERAWAT DI RUANG IGD DAN RUANG ICU RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Violita Aprilyana, 2016)

PENGARUH WORKAHOLIC DAN TUNTUTAN PEKERJAAN TERHADAP KEJENUHAN KERJA DENGAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI(STUDI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (RAHMI WARIZKI, 2014)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KONFLIK PERAN GANDA PADA POLWAN POLDA ACEH (Yulia Rahmadhani Q, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.