Search :

Advance


PENGGUNAAN MEDIA SEQIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VI SDN 50 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nova Riza Tuljanah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tuljanah, Nova Riza. 2017. Penggunaan Media SEQIP terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VI SD Negeri 50 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd. (2) Suci Fitriani, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: penggunaan media SEQIP, hasil belajar Dalam pembelajaran IPA, banyak media yang mendukung pembelajaran salah satunya adalah media SEQIP. SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) atau proyek peningkatan mutu pendidikan ilmu pengetahuan alam merupakan peningkatan mutu proses dan hasil belajar yang akan membantu guru agar dapat mempersiapkan pembelajaran dengan lebih mudah dan tepat serta melaksanakannya secara optimal sehingga terciptanya suatu pembelajaran IPA yang aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan media SEQIP terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media SEQIP terhadap hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri 50 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah kuatitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 50 Banda Aceh dengan subjek penelitian berjumlah 58 siswa, dimana kelas VIa 30 siswa dan kelas VIb 28 siswa . Instrument yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, data yang diperoleh dari hasil tes kemudian pengolahan data menggunakan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diamati di SDN 50 Banda Aceh yang didapatkan dari tes akhir siswa pada kedua kelas dengan menggunakan statistic parametrik yakni � � ����� = 9,213, sedangkan � ����� pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = (n1 + n2 – 2) = (30 + 28 – 2) = 56 adalah 1,90. Sehingga HO ditolak dan h1 diterima, artinya hipotesi dari penelitian ini diterima. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan adanya pengaruh hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan media SEQIP dan yang tidak menggunakan media SEQIP pada tema Bumiku di kelas VI SDN 50 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH (ARIS MADHUHA, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (AZRIN ADHA, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH. (Ahmad Fauzi, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Anuwar, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Suci Rizkina Tari, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.