Search :

Advance


PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sofia Ismarilda Hsb - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ismarilda, Sofia. 2017. Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosma Elly, M.Pd., (2) Dr. Hajidin, M. Pd. Kata kunci:Perilaku Bullying Adanya perilaku bullying adalah salah satu akar penyebab tingkah laku yang tidak diterima secara sosial. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kemunculan bentuk-benuk perilaku bullying dan bagaimana tindakan korban bullying terhadap perilaku bullying bagi peserta didik kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh dengan jumlah subjek sebanyak 28 siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket, yang kemudian dianalisis dengan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh terdapat adanya perilaku bullying yang muncul, yaitu dalam bentuk verbal dan fisik. Perilaku bullying dalam bentuk verbal, yaitu sering diejek oleh teman sekelas, mengolok-olok, memanggil dengan sebutan bodoh, dan menjuluki dengan nama jelek. Kemudian bullying yang muncul juga dalam bentuk fisik, yaitu berupa pukulan. Data juga menunjukkan adanya tindakan korban bullying terhadap perilaku bullying. Siswa akan mengancam teman yang mengganggu dan membalas ejekan teman dengan ejekan yang setimpal. Dari kesimpulan menunjukkan bentuk-bentuk bullying yang sering muncul di kelas V adalah verbal bullying kemudian bullying fisik. Dari data juga ada tindakan korban bullying terhadap perilaku bullying. Agar siswa terhindar dari perilaku bulyying hendaknya melatih self esteem (harga diri) yang baik dan lebih peduli terhadap sesama dan melaporkan perilaku bullying kepada guru, dan mengajarkan serta menerapkan pendidikan karakter.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN PERILAKU VERBAL BULLYING DI SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Amalia Wahyuni, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Ayu Muspita, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (lisa turrahmi, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA BERDASARKAN GENDER PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI STOIKIOMETRI MELALUI PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING (SAPS) DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Maya Wulandari, 2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN CHEM-CARD PADA PEMBELAJARAN MATERI HIDROKARBON DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (DIAN ISLAMI ELMADNY, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.