Search :

Advance


KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS LAPORAN PRAKTIKUM PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khusniati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khusniati.2017. Keterampilan Siswa dalam Menulis Laporan Praktikum pada Subtema Komponen Ekosistem di Kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. M. Yamin, M. Ed., (2) Tursinawati, S. Pd.I., M.Pd. Kata kunci :keterampilan, menulis, laporan praktikum. Keterampilan menulis merupakan keterampilan dasar yang harus ditingkatkan dalam pembelajaran.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah keterampilan siswa dalam menulis laporan praktikum dan hasil laporan praktikum siswa pada subtema komponen ekosistem di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh.Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan keterampilan siswa dalam menulis laporan praktikum dan hasil laporan praktikum siswa pada subtema komponen ekosistem di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif.Subjek penelitian seluruh siswa kelas V berjumlah 36 siswa dan 1 orang guru.Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data, menunjukkan keterampilan siswa dalam menulis laporan praktikum untuk keseluruhan siswa adalah cukup (2).Sedangkan hasil laporan praktikum siswa untuk keseluruhan adalah baik (3). Kesimpulan pada penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis laporan praktikum pada subtema komponen ekosistem di kelas V SD Negeri 50 Banda Aceh belum terampil ini disebabkan siswa belum dapat menghubungkan antarparagraf, penulisan huruf banyak yang belum lengkap, belum dapat menyusun struktur kalimat dengan tepat, penggunaan kalimat belum jelas, masih menggunakan bahasa tidak baku, menggunakan kata-kata rancu, penggunaan ejaan dan tanda baca belum tepat. Sedangkan hasil laporan praktikum siswa berada pada kategori baik disebabkan siswa sudah tepat menulis judul praktikum, tepat menulis tujuan praktikum, lengkap menulis alat dan bahan, lengkap menulis hasil pengamatan, menjawab pertanyaan secara menyeluruh. Disarankan bagi guru dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi sains dalam setiap proses pembelajaran di SD.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL WAWANCARA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Devi Arsad, 2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Fitri Lia Ulfah, 2014)

KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (WILDA AZLINA, 2015)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.