Search :

Advance


DUKUNGAN KELUARGA PADA NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HARDIATI PURNAMA S - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Narapidana yang tinggal di Rumah Tahanan Negara (Rutan) pada dasarnya telah kehilangan kebebasan untuk berinteraksi dengan masyarakat luar. Masalah yang menjadi stressor bagi narapidana di Rutan adalah kerinduan pada keluarga, kejenuhan, bosan dengan makanan, adanya masalah dengan teman dan rasa gelisah memikirkan masa depan setelah keluar dari Rumah Tahanan Negara. Dukungan keluarga berpengaruh penting terhadap narapidana yang sedang menjalani hukuman di dalam rumah tahanan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dukungan keluarga pada narapidana meliputi dukungan informasional, dukungan penilaian, dukungan instrumental dan dukungan emosional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Banda Aceh yang berasal dari Banda Aceh, berjumlah 204 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin,terpilih 74 responden yang diambil dengan purposive sampling. Penelitian dilakukan pada tanggal 24-27Mei 2017. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan menggunakan angket. Hasil penelitian sebanyak 82,4% mendapatkan dukungan keluarga baik, dukungan informasional keluarga kategori baik (79,7%), dukungan penilaian/penghargaan kategori baik (79,7%), dukungan instrumental kategori baik (71,6%), dan dukungan emosional kategori baik (79,7%). Diharapkan kepada pegawai Rumah Tahanan dan sipir untuk memfasilitasi pihak keluarga dalam memberikan dukungan keluarga kepada narapidana untuk mengurangi masalah narapidana selama berada di Rutan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA NARAPIDANA NAPZA DI RUTAN KELAS IIB KAJHU ACEH BESAR (Fahrul Rozi, 2015)

TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN BAGI NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR (Nurmanisa, 2016)

PENERAPAN SANKSI TERHADAP PELANGGARAN MENYIMPAN UANG SECARA TIDAK SAH DI RUTAN (SUATU PENELITIAN DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB BANDA ACEH) (IVAN MAULANA, 2016)

KORELASI PENGETAHUAN MENGENAI KEBERSIHAN RONGGA MULUT DENGAN TINGKAT ORAL HYGIENE NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS IIB BANDA ACEH (Nur Atika Dalimunthe , 2015)

PELAKSANAAN PEMBEBASAN BERSYARAT BAGI NARAPIDANA PENCURIAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB BANDA ACEH) (PUTRI TIARA AKHIRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.