Search :

Advance


SELF-EFFICACY, STRATEGI KOPING, DAN STRES PADA MAHASISWA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI UNIVERSITAS NEGERI DI BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVY MAULYA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Pembelajaran dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) cenderung menyebabkan stres pada mahasiswa. Kondisi tersebut membutuhkan keyakinan diri pada mahasiswa agar dapat membentuk koping yang efektif dalam mengatasi berbagai stresor akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy, strategi koping, dan stres mahasiswa KBK di sebuah Universitas Negeri di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan yang sedang menjalani pembelajaran dengan KBK berjumlah 96 responden, yang dikumpulkan dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner self-report, yang terdiri dari Skala SelfEfficacy, Skala Strategi Koping, dan Perceived Stress Scale (PSS). Hasil analisa data dengan uji chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan strategi koping (p value = 0,041). Selain itu, uji Mann Whitney-U memperlihatkan perbedaan yang signifikan dalam nilai stres pada mahasiswa dengan strategi koping tinggi dan mahasiswa dengan strategi koping rendah (p value = 0,001). Hasil penelitian ini menekankan pentingnya self-efficacy dan strategi koping bagi mahasiswa dalam menghadapi tingginya stres dalam mengikuti pembelajaran KBK. Untuk itu, diharapkan bagi penyelenggara pendidikan KBK agar dapat mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan program atau intervensi yang dapat meningkatkan self-efficacy dan strategi koping mahasiwa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN STRES MAHASISWA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASISRNKOMPETENSI DAN KURIKULUM BERBASIS ISI FAKULTAS KEPERAWATANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014 (Cut Sarach, 2014)

TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMATUR RAUDHA, 2016)

HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Arif Zailani Siregar, 2013)

GAMBARAN STRES DAN STRATEGI KOPING PADA PASIEN YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Putri Vera Febrina, 2013)

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR ANTARA MAHASISWA KURIKULUM KONVENSIONAL DENGAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA TAHUN 2013 (Yursilisna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.