Search :

Advance


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI ASI DENGAN KECUKUPAN ASI PADA BAYI USIA 1-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN DARUSSALAM

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rayhana - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ASI adalah emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu sebagai makanan utama bagi bayi. Masalah yang dirasakan adalah ketika produksi ASI tidak lancar, maka bayi tidak mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup sehingga bayi mudah merasa lapar, mudah terserang penyakit dan dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI dengan kecukupan ASI pada bayi usia 1-6 bulan di wilayah kerja puskesmas kecamatan Darussalam. Jenis penelitian deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Sampel 58 ibu menyusui yang dipilih dengan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada 08-16 Mei 2017, menggunakan kuesioner dengan cara wawancara terpimpin, kemudian dianalisa menggunakan Chi Square dengan nilai alpha=0,05. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara asupan makan ibu (p-value 0,003), ketenangan jiwa dan fikiran (p-value 0,008), penggunaan alat kontrasepsi (p-value 0,003), perawatan payudara (p-value 0,025), anatomis buah dada (p-value 0,003), faktor istirahat (p-value 0,003), faktor isapan anak (p-value 0,007), faktor obat-obatan (p-value 0,003) dengan kecukupan ASI pada bayi usia 1-6 bulan di wilayah kerja puskesmas kecamatan Darussalam. Disarankan kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan peran dalam penyuluhan pada ibu menyusui tentang pentingnya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI dan kecukupan ASI pada bayi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (NURUL RACHMAH, 2016)

HUBUNGAN POLA PEMBERIAN ASI DAN MAKANAN PENDAMPING ASI TERHADAP STATUS GIZI BAYI USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAMAKMUR ACEH BESAR (RAHAYU IRMAYANI, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMBERIAN ASI PADA BAYI 0 - 6 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (ANIS AMINAL, 2016)

HUBUNGAN PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 7 – 12 BULAN DI POSYANDU PUSKESMAS SINGKILRNKABUPATEN ACEH SINGKIL (Anna Mirah Putri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.