//

KONSENTRASI ESTRADIOL SAPI ACEH SETELAH DIINDUKSI MENGGUNAKAN PROTOKOL PRESYNCH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Ananda - Personal Name
SubjectVETERINARY MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

KONSENTRASI ESTRADIOL SAPI ACEH SETELAH DIINDUKSI MENGGUNAKAN PROTOKOL PRESYNCH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh sinkronisasi berahi menggunakan metode presynch terhadap peningkatan konsentrasi hormon estradiol sapi aceh. Dalam penelitian ini digunakan sepuluh ekor sapi aceh betina dengan status tidak bunting, minimal dua bulan pasca partus, sudah pernah beranak, dan sehat secara klinis. Sapi dibagi dua kelompok, kelompok (KI) dan (KII), masing-masing terdiri atas lima ekor sapi. KI disinkronisasi berahi dengan metode presynch, dimulai dengan injeksi 25 mg PGF2α pertama secara intramuskular. Setelah 14 hari dilanjutkan dengan injeksi PGF2α kedua, lalu dilanjutkan dengan inisiasi protokol ovsynch 11 hari kemudian. Protokol ovsynchdimulai dengan injeksi 100 µg GnRH dan dilanjutkan dengan injeksi25 mg PGF2α setelah 7 hari, kemudian diikuti dengan penyuntikan 100 µg GnRH setelah 48 jam. 12-24 jam, kemudian seluruh sapi diinseminasi buatan (IB) dengan semen beku. Pada KII disinkronisasi berahi menggunakan 25 mg PGF2α secara intramuskular dengan pola penyuntikan ganda dengan interval 12 hari. Setelah 48 jam seluruh sapi pada kelompok kedua dilakukan IB. Pada akhir perlakuan,darah dikoleksi pada hari IB pertama dilakukan. Untuk pemeriksaan estradiol menggunakan teknik enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata (±SD) konsentrasi estradiol pada kedua kelompok perlakuan berturut-turut adalah 294.98±110.48 dan 392.76±11.6 pg/ml. Berdasarkan hasil tersebut konsentrasi estradiol sapi aceh setelah mengalami induksi berahi dengan metode presynch lebih rendah dibandingkan sapi aceh yang mengalami induksi berahi dengan metode injeksi ganda PGF2α (P>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode presynchdan metode injeksi ganda PGF2α menghasilkan hormon estradiol yang tidak berbeda pada saat berahi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSENTRASI PROGESTERON SAPI ACEH YANG MENGALAMI INDUKSI BERAHI DENGAN METODE PRESYNCH (Cut Erika Ramadhana, 2016)

PERBANDINGAN KONSENTRASI ESTRADIOL KAMBING KACANG PADA SAAT BERAHI SETELAH INDUKSI DENGAN PGF2α ATAU KOMBINASI PGF2α DAN GNRH (Rozi Syafri, 2017)

PROFIL HORMON ESTRADIOL SAPI ACEH SELAMA SATU SIKLUS BERAHI (juliana Rossa, 2014)

PERBANDINGAN KONSENTRASI HORMON ESTRADIOL DAN HUBUNGANNYA DENGAN INTENSITAS BERAHI PADA DOMBA WARINGIN YANG DIINDUKSI DENGAN PGF2α ATAU KOMBINASI PGF2α DAN GNRH (IBRAHIM SOLEH, 2017)

EFEK PENGERINGAN BEKU (FREEZE DRYING) CAIRAN FOLIKEL LIMBAH OVARIUM SAPI ACEH TERHADAP KONSENTRASI ESTRADIOL (ALIF HERIZA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy