Search :

Advance


PENGARUH TERPAAN PEMBERITAAN ALIRAN SESAT DI HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN DAYAH (STUDI PADA MASYARAKAT DESA LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU – KOTA BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Febi Rozaki - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pengaruh Terpaan Pemberitaan Aliran Sesat di Harian Serambi Indonesia Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Dayah. Fokus penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberitaan aliran sesat di Harian Serambi Indonesia terhadap persepsi masyarakat tentang pendidikan dayah. Penelitian ini dilakukan di Gampong Lamteumen Timur Kecamatan Jaya Baru Kota Aceh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kultivasi dan S-O-R. Kedua teori ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana terpaan pemberitaan isu aliran sesat mempengaruhi terhadap persepsi masyarakat tentang pendidikan dayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 50 orang yang dipilih dengan teknik Sampling Insidental. Adapun kriteria responden yang dipilih adalah memiliki status sebagai kepala keluarga dan sering membaca berita aliran sesat di Harian Serambi Ind onesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert sebagai skala pengukurannya. Variabel X dalam penelitian ini adalah Terpaan Pemberitaan Ajaran Sesat, sedangkan untuk variabel Y adalah Persepsi. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan program SPSS versi 20. Adapun yang diuji adalah Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Normalitas, Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis. Dari hasil pengujian diperoleh koefesien regresi sebesar 0,374 yang berarti terdapat hubungan cukup berarti dalam terpaan pemberitaan aliran sesat di Harian Serambi Indonesia terhadap persepsi masyarakat tentang pendidikan dayah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 2,791 dan t tabel sebesar 2,787. Berdasarkan kriteria hipotesis yaitu t hitung ≥ t tabel maka Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terpaan pemberitaan aliran sesat di Harian Serambi Indonesia memberikan pengaruh yang positif dan signifikan dengan persepsi masyarakat tentang pendidikan dayah. Kata kunci : Terpaan Pemberitaan, Aliran Sesat, Persepsi, Pendidikan Dayah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERITAAN BENCANA ALAM DI HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT (STUDI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH) (Istiqomah, 2016)

DESKRIPSI GANGGUAN HABITAT DAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONFLIK BABI HUTAN (SUS SCROFA VITTATUS) DENGAN MANUSIA DI KECAMATAN JAYA BARU (Windi Aprianti, 2014)

PENGARUH PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA TENTANG KASUS SEKS BEBAS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ORANG TUA DI KOTA BANDA ACEH (nurhayati, 2013)

PENGARUH PEMBERITAAN PEMILIHAN PRESIDEN PADA RUBRIK SERAMBI ELECTION HARIAN SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Ayu Haryati, 2016)

ANALISIS PRESS RELEASE HUMAS PEMERINTAH ACEH DALAM PEMBERITAAN HARIAN SERAMBI INDONESIA DAN HARIAN RAKYAT ACEH (Cut Meutia Dewi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.