Search :

Advance


HUBUNGAN ANTARA DEPRESI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA SISWA SMP DI BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Halida Ulfah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Masa remaja adalah titik penting dalam kehidupan yang membawa perubahan besar pada ranah perkembangan. Berbagai permasalahan yang dialami remaja membuatnya rentan mengalami depresi. Remaja yang depresi seringkali tidak memiliki tempat untuk mengadu, sehingga internet sebagai media yang menawarkan banyak fasilitas, dapat menjadi salah satu pengalihan bagi remaja. Seringkali, remaja lupa waktu dalam menggunakan internet sehingga tanpa sadar remaja menunjukkan gejala kecanduan internet. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan depresi dengan kecanduan internet terhadap siswa SMP di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Purposive dan Incidental Sampling. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 334 siswa SMP. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi alat ukur depresi dari Depression, Anxiety, Stress Scale (DASS) dan adaptasi alat ukur Internet Addiction Test (IAT). Hasil analisis data menggunakan teknik analisis data Spearman menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0.299 dengan nilai p= 0.000. Hipotesis yang diajukan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara depresi dengan kecanduan internet pada siswa SMP di Banda Aceh. Hal ini menunjukkan semakin tinggi tingkat depresi maka semakin tinggi tingkat kecanduan internet pada siswa SMP di Banda Aceh, demikian pula sebaliknya. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa SMP di Banda Aceh berada pada kategori normal untuk variabel depresi dan kategori ringan untuk variabel kecanduan internet. Kata kunci: depresi, kecanduan internet, siswa SMP.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNSYIAH (Rahmalia Putri, 2014)

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Maghfirah Nur Erfa, 2016)

HUBUNGAN INTERNET ADDICTION DENGAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rina Maulida, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEJADIAN ASTENOPIA PADA PELAJAR SMA DI WARNET - WARNET KOTA BANDA ACEH (Fatin Ulfah, 2016)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DEPRESI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Dwi Harliani Ayu Aprilia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.