Search :

Advance


PEMENUHAN HAK REHABILITASI NARAPIDANA ANAK KASUS NARKOBA DI ACEH STUDI KASUS PADA CABANG RUMAH TAHANAN NEGARA LHOKNGA

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fepry Andiyani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salah satu permasalahan yang timbul pada anak adalah penyalahgunaan narkoba. Dalam pasal 67 Undang-Undang No. 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak di sebutkan bahwa perlindungan khusus bagi anak korban penyalahgunaan narkoba harus dilakukan pengawasan, pencegahan, perawatan dan Rehabilitasi. Akan tetapi Penegakan hukum yang dilakukan oleh penegak hukum terhadap anak penyalahgunaan narkoba lebih menekankan pada upaya represif, yaitu pemberian sanksi pidana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan hak rehabilitasi narapidana anak yang terlibat narkoba . Mengetahui faktor penghambat pelaksanaan pemenuhan hak rehabilitasi narapidana anak yang terlibat kasus narkoba. Mengetahui Upaya perbaikan yang dilakukan dalam pemenuhan hak rehabilitasi narapidana anak yang terlibat kasus narkoba di Aceh . Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian ini dilakukan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder yaitu dengan mempelajari buku, teori, perundang-undangan serta tulisan ilmiah. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer, melalui wawancara dengan responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemenuhan hak rehabilitasi narapidana anak perkara narkoba merupakan penerapan Pasal 127, Pasal 54 dan Pasal 103 Undang-Undang Narkotika. Terhadap narapidana anak yang terkena perkara narkoba di Aceh khususnya di Rutan Lhoknga belum dapat dilaksanakan, karena selama ini tidak ada putusan hakim yang memerintahkan untuk melaksanakan rehabilitasi narapidana anak pada perkara narkoba. Putusan Hakim lebih kepada hukuman pemenjaraan seperti putusan Pengadilan Negeri Meulaboh, Putusan Nomor : 2/Pid.Sus-Anak/2016/ PN Mbo, menjatuhkan Pidana terhadap Anak bernama Mukulis Sadi bin Yusmadi YS dengan Pidana penjara selama : 1(satu) Tahun 6 ( enam) Bulan dan pidana denda sebesar Rp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSENTASE KARIES PADA NARAPIDANA DI CABANG RUMAH TAHANAN NEGARA LHOKNGA ACEH BESAR (ISTIQOMAH MS, 2015)

GAMBARAN KONSEP DIRI NARAPIDANA WANITA DI CABANG RUMAH TAHANAN LHOKNGA ACEH BESAR TAHUN 2013 (CUT RINDA SILVIANA, 2014)

TINGKAT PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA NARAPIDANA DI CABANG RUMAH TAHANAN NEGARA LHOKNGA-ACEH BESAR (Mitra Gustinur Rahmah AP, 2015)

PEMENUHAN HAK ANAK DALAM HAL DIJATUHKAN PUTUSAN PIDANA PENJARA (SUATU KAJIAN DI CABANG RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB LHOKNGA) (Eka Putri Maulina, 2015)

PEMBINAAN BAGI ANAK PIDANA DI CABANG RUMAH TAHANAN LHOKNGA (SUATU PENELITIAN DI CABANG RUMAH TAHANAN LHOKNGA, ACEH BESAR) (Irna Febrina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.