Search :

Advance


KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU BETINA DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syamsul Nardi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Suatu penelitian tentang karakteristik reproduksi kerbau betina di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat telah dilakukan. Kecamatan Johan Pahlawan merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di Aceh Barat yang mempunyai populasi ternak kerbau yang banyak. Namun, belum diketahui data reproduksinya untuk menentukan arah pengembangannya pada masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui kemampuan reproduksi kerbau betina di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 1 Maret sampai dengan 30 April 2016 di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat yang meliputi empat desa yaitu: Gampa, Lapang, Leuhan dan Blang Beurandang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan data dari 40 peternak kerbau betina sebagai responden. Penentuan responden secara simple random sampling, dengan persyaratan minimal peternak memelihara lebih dari dua ekor kerbau. Data yang dikumpulkan yaitu karakteristik reproduksi kerbau meliputi: umur pubertas, umur pertama dikawinkan, umur melahirkan pertama, angka perkawinan per kebuntingan, jarak kelahiran, rasio jenis kelamin kelahiran anak jantan dan betina dan persentase anak kerbau jantan dan betina. Di samping itu juga diperoleh data dari instansi terkait sebagai data sekunder. Data yang diperoleh, dianalisis dengan cara menghitung nilai rataan, simpangan baku dan dipersentasekan dengan bantuan lembar Excel. Hasil analisis data dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur pubertas kerbau di Kecamatan Johan Pahlawan adalah pada 35,79 bulan, umur kawin pertama 37,11 bulan, rata-rata umur kerbau melahirkan anak pertama sekali pada umur 47,73 bulan, dengan rata-rata jarak kelahirannya 18,14 bulan, angka perkawinan per kebuntingan (S/C) mempunyai rata-rata 1:2,50, dan dengan sex rasio anak jantan dan betina 1:1,3, dengan populasi persentase kerbau di Kecamatan Johan pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Yang meliputi empat Desa yaitu, Desa Gampa, Lapang, Leuhan, dan Blang Beurandang yaitu 43,41% jantan, 56,59% betina.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERFORMANS REPRODUKSI KERBAU LUMPUR (BUBALUS BUBALIS) BETINA DI KECAMATAN SIMEULUE BARAT KABUPATEN SIMEULUE. (Riki Samsuandi, 2016)

KARAKTERISTIK REPRODUKSI KERBAU GAYO BETINA DI KECAMATAN LINGE KABUPATEN ACEH TENGAH (AL KAUTSAR, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMERINTAHAN DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (NOVI ZULFIATI, 2016)

SOSIALISASI IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Feby Syafitri, 2017)

HAMBATAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENCAK SILAT PADA SMP NEGERI SE-KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (MUSLIM, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.