Search :

Advance


KEBIJAKAN REDAKSI SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA DALAM MENENTUKAN HEADLINE NEWS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Aidi - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Kebijakan Redaksi Surat Kabar Serambi Indonesia dalam Menentukan Headline News”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan redaksi surat kabar Serambi Indonesia dalam menentukan headline news. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan analisis deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Ekonomi Politik Media Massa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak terstruktur dan studi dokumentasi. Informan ditentukan secara purposive, yaitu dilakukan dengan menyesuaikan pada tujuan penelitian atau sesuai kebutuhan dan kepentingan peneliti untuk memperoleh data sesuai dengan topik penelitian. Hal tersebut didasari pada tugas dan kerja informan yang bersangkutan dengan pengambilan keputusan atau kewenangan dalam menentukan headline news di Serambi Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kebijakan dalam penentuan headline news oleh redaksi Serambi Indonesia. Yaitu: Berita Halaman Satu adalah Headline News, Diputuskan dalam Rapat Redaksi yang Bersifat Kolektif Kolegial, Berita Luar Daerah Boleh Dijadikan Headline News, Redaksi Menyediakan Ruang untuk Berita Iklan di Halaman Satu, Penundaan Pemberitaan Boleh Dilakukan dalam Kondisi Tertentu, Headline News Ada Kemungkinan Berubah. Hal tersebut berdasarkan pada kriteria headline news di Serambi Indonesia, yakni; berita terbaik, paling menarik, berita penting, memiliki magnitude (kegemparan) paling tinggi, dan berdampak horizontal kepada masyarakat. Berdasarkan empat konsep pendekatan teori Ekonomi Politik Media Massa, redaksi Serambi Indonesia telah berada di posisi tersebut, seperti kepentingan bisnis yang biasanya mereka istilahkan sebagai nilai jual. Namun baik penguasa maupun rekanan tidak dapat mengintervensi kebijakan redaksi dalam hal penetapan headline news. Kata Kunci:Kebijakan, Redaksi, Headline News, Surat Kabar, Serambi Indonesia

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN REDAKSI SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA DALAM MENJAGA LOYALITAS PEMBACA (Rina Azvira, 2016)

REPRESENTASI AGENDA MEDIA DALAM SURAT KABAR LOKAL (ANALISIS WACANA PEMBERITAAN KABUT ASAP PADA SERAMBI INDONESIA) (Muhammad Roestian Fahmi Nasution, 2016)

PERKEMBANGAN SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (1989-2015) (Chaerol Riezal , 2016)

ANALISIS NILAI SOSIAL BUDAYA PUISI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA (Fakhrurrazi, 2013)

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI TEKS OPINI DALAM SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA (Mellida Rizal, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.