Search :

Advance


PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI PADA WANITA PEKERJA DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Delayus Farina - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 16 Juni 2017 XV halaman + VI bab + 76 halaman + 8 tabel + 1 skema + 27 lampiran DELAYUS FARINA 1307101020002 PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI PADA WANITA PEKERJA DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Pemilihan alat kontrasepsi dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jenis alat kontrasepsi, ketersediaan tempat pelayanan alat kontrasepsi dan pengetahuan. Banyak wanita pekerja yang mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan jenis kontrasepsi dengan efektivitas tinggi hal tersebut diakibatkan informasi yang kurang dari fasilitas kesehatan salah satu contoh seperti pasangan yang baru menikah menggunakan IUD dan wanita pekerja yang sudah memiliki 5 anak lebih memilih pil KB/suntik dalam waktu yang lama, dalam hal ini peneliti sebagai konselor yang mengarahkan ke alat kontrasepsi yang lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemilihan alat kontrasepsi pada wanita pekerja di wilayah kerja puskesmas Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriftif explorative dengan pendekatan cross sectionel study. Populasi penelitian ini adalah seluruh wanita pekerja yang menggunakan alat kontrasepsi di wilayah kerja puskesmas Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah multistage random sampling dengan rumus slovin, sebanyak 108 responden. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan alat ukur berupa kuesioner dalam bentuk lembar checklist dan skala guttman. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 April – 3 Mei 2017. Hasil penelitian yang didapatkan pada penggunaan alat kontrasepsi yang tertinggi adalah suntik dengan frekuensi sebanyak 34 responden (31,5%), ketersediaan tempat pelayanan alat kontrasepsi yang paling diminati wanita pekerja adalah puskesmas sebanyak 47 responden (43,5%), dan pengetahuan yang dimiliki wanita pekerja rata – rata tinggi sebanyak 64 (59,3%). Diharapkan bahwa wanita pekerja dapat memilih alat kotrasepsi sesuai dengan keefektivitasan dari alat kontrasepsi tersebut. Kata kunci : Pengetahuan, Alat kontrasepsi, Wanita pekerja Daftar bacaan : 30 buku, 11 jurnal, 7 online (1997-2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIFITAS PEKERJA WANITA PADA INDUSTRI MAKANAN, MINUMAN DAN TEMBAKAU DI KOTA BANDA ACEH ANALISIS (Dwijayanti Edi Sanjayani, 2013)

DAMPAK PEMAKAIAN KONTRASEPSI HORMONAL DAN NON HORMONAL TERHADAP USIA RATA-RATA MENOPAUSE (Arinda Calvine Santoso, 2015)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2014)

HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KELUHAN MENOPAUSE PADA WANITA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Misbahul Jannah, 2016)

PEMILIHAN JENIS KONTRASEPSI OLEH PASANGAN USIA SUBUR DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Handayani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.