Search :

Advance


JUMLAH CEMARAN MIKROBA DAN NILAI ORGANOLEPTIK IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ria Apriani - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

JUMLAH CEMARAN MIKROBA DAN NILAI ORGANOLEPTIK IKAN TONGKOL (Euthynnus affinis) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah cemaran mikroba dan nilai organoleptik ikan tongkol (Euthynnus affinis). Penelitian dimulai dengan pengambilan sampel ikan tongkol secara acak di Pasar Peunayong dan TPI Lampulo Kota Banda Aceh. Pengambilan ikan tongkol dilakukan dua kali dalam sehari, yakni pada waktu pagi hari (pukul 07.00-09.00 WIB) dan waktu sore hari (pukul 16.00-18.00 WIB). Ikan kemudian disimpan dalam wadah steril dan selanjutnya dibawa ke Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala. Sampel ikan tongkol dianalisis nilai organoleptiknya yakni kenampakan (terdiri dari mata, insang dan lendir), bau, sayatan daging dan tekstur secara kualitatif oleh 14 orang responden. Selanjutnya sampel-sampel tersebut juga diperiksa jumlah cemaran mikroba menggunakan metode Total Plate Count (TPC). Hasil penelitian ditemukan bahwa jumlah cemaran mikroba pagi hari (1,2 x 10⁴) lebih rendah dibandingkan dengan jumlah cemaran mikroba sore hari (3,9 x 10⁴). Rata-rata nilai organoleptik ikan tongkol pada pengambilan pagi dan sore hari adalah kriteria ikan segar. Disimpulkan bahwa jumlah cemaran pada ikan tongkol yang dijual pagi dan sore hari di bawah standar SNI (Standar Nasional Indonesia). Jumlah cemaran mikroba pada ikan tongkol yang dijual pagi hari lebih rendah (1,2x10⁴ CFU/gr) dibanding sore hari (3,9x10⁴ CFU/gr) dengan kriteria ikan dalam kondisi segar dengan rata-rata nilai organoleptik 7.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI MIKROBIOLOGI IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) YANG DIDISTRIBUSIKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) LAMPULO DAN OLEH PEDAGANG IKAN KELILING (PIK) DI KOTA BANDA ACEH (Ryansyah Putra Affandi, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL DENGAN PENAMBAHAN RAGI ROTI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS) (Erayanti, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS (Yusmiati, 2016)

IDENTIFIKASI PARASIT PADA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) DI TEMPAT PELELANGAN IKAN LHOKNGA ACEH BESAR (Nurul Hidayati, 2014)

ANALISIS BIOEKONOMI SUMBERDAYA IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS SP.) DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA LAMPULO BANDA ACEH (Hajjatul Mabrura, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.