Search :

Advance


STRATEGI RAKAN MUALEM DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ronita Yulia Sari - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK RONITA YULIA SARI, 2017 STRATEGI RAKAN MUALEM DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR PADA PILKADA TAHUN 2017. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala Radhi Darmansyah, M.Sc (ix,84), pp., bibl., app. Upaya Rakan Mualem dalam meningkatkan popularitas dan elektabilitas Muzakir Manaf dengan cara melakukan persuasi kepada masyarakat di seluruh Aceh dan mengemas berbagai kelebihan-kelebihan sosok figur Muzakir Manaf. Dalam rangka menarik minat masyarakat agar bersedia memilih Muzakir Manaf pada pilkada tahun 2017. Keberadaan Rakan Mualem memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan elektabilitas Muzakir Manaf (Mualem). Hal tersebut yang menjadi fokus peneliti tentang bagaimana pengaruh Rakan Mualem dalam menarik minat masyarakat terhadap Muzakir Manaf sehingga dapat meningkatkan elektabilitasnya. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi strategi Rakan Mualem dalam meningkatkan elektabilitas Muzakir Manaf pada pilkada tahun 2017 di Aceh dan menganalisis dampak apa saja yang dilakukan Rakan Mualem untuk meningkatkan elektabilitas Muzakir Manaf pada pilkada tahun 2017 di Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Rakan Mualem dalam meningkatkan elektabilitas Muzakir Manaf pada pilkada tahun 2017 di Aceh yaitu menerapkan strategi political marketing dengan pendekatan pemasaran produk politik secara langsung kepada calon pemilih (push political marketing), pemasaran produk politik (Muzakir Manaf) melalui media massa (pull political marketing) dan melalui kelompok, tokoh atau organisasi yang berpengaruh (pass political marketing). Strategi lainnya yaitu pencitraan kandidat (figur dan ketokohan) dan melakukan foto branding Grub Band Netral mengenakan kaos dengan Bendera Rakan Mualem. Dampak strategi terhadap peningkatan elektabilatas Muzakir Manaf pada pilkada tahun 2017 di Aceh adalah bertambahnya dukungan terhadap Muzakir Manaf dan terjadinya peningkatan citra baik Muzakir Manaf di mata publik. Pada akhirnya peneliti berharap kepada Rakan Mualem agar memperbanyak kegiatan sosial dengan program yang menyentuh kepentingan masyarakat dalam rangka meningkatkan elektabilitas Muzakir Manaf pada pilkada 2017. Mengingat kegiatan sosial kiranya sangat efektif dalam rangka meningkatkan elektabilitas seorang kandidat. Kata Kunci: Strategi Politik, Politikal Marketing, Elektabilitas ABSTRACT RONITA YULIA SARI, 2017 STRATEGIES DEIGNED BY MUALEM’S COLLEAGUES IN PROMOTING THE ELECTABILITY OF MUZAKIR MANAF AS A CANDIDATE FOR THE 2017 GUBERNATORIAL ELECTION faculty of social and political science syiah kuala university Radhi Darmansyah, M.Sc (ix,84),pp.,bibl., app. The efforts made by Rakan Mualem (Mualem’s Colleagues) to boost up the popularity and electability of Mualem as a candidate for regional election were done by persuading whole civil communities in Aceh and promoting the positive sides of Muzakir Manaf as a public figure. These are persuasive efforts done to make people chosoe Muzakir Manaf for the upcoming election. The existence of Rakan Mualem is believed as an pivotal element for the candidate’s promotion. Based on this evidence, the writer was interested in carrying out a study to investigate the influence the existence of Rakan Mualem as a group that attract people interest in Muzakir Manaf which automatically will also elevte his electability. This study was aimed at finding out the strategies designed and analyzing the impacts given by Rakan Mualem in promoting the electability of Muzakir Manaf in the Aceh’s gubernatorial election in 2017. This study employed descriptive qualitative method. The data collection techniques use were observation, interview, documentation, and literature study. The result indicated that Rakan Mualem designed some strategies in promoting Muzakir Manaf’s electability i.e direct approach to the voters (push political marketing). Using media as a means of approach (pull political marketing), bridging intense communication with influential figures and organizations (pass political marketing). Other strategies were political imaginary of the candidate, and printing t-shirt with Rakan Mualem organization flag on one of well-known music band, Netral. These strategies showed potential influence in promoting the electability of Muzakir Manaf which was indicated by the increase of potential voters for the election. It was also believed that these efforts has succeeded to refine the image of Muzakir Manaf as a public figure and as a candidate running for the gubernatorial election of 2017. It was expected that Rakan Mualem hold more social activities and programs that not only can promote Muzakir Manaf’s electability but also provide benefits for communities. It was believed that activities for social needs is such a very effective media to level up someone’s electability as candidate for an election. Keywords: Political Strategies, Political Marketing, Electability.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSIMAHASISWAILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENCALONAN MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADAPILKADA TAHUN2017 (T. EVAN AQSHAR, 2016)

ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PENCALONAN MUZAKIR MANAF PADA PILKADA ACEH 2017 DI MEDIA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Saifannur, 2016)

KOALISI CALON GUBERNUR MUZAKKIR MANAF DENGAN PARTAI NASIONAL PADA PILKADA 2017 (SUATU PENELITIAN TERHADAP POTENSI KONFLIK INTERNAL PARTAI ACEH DALAM PEMILIHAN WAKIL GUBERNUR) (Syukrina, 2017)

KEPEMIMPINAN ZAINI ABDULLAH-MUZAKIR MANAF DALAM PEMERINTAHAN ACEH (FIRRYATIL JANNAH, 2016)

PENINGKATAN ELEKTABILITAS CALON WALIKOTA MELALUI IKLAN POLITIK (STUDI KASUS PENGUNAAN DAN PENDANAAN IKLAN POLITIK OLEH CALON WALIKOTA BANDA ACEH 2017) (Sumber Manik, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.