Search :

Advance


HUBUNGAN POLA HIDUP SEHAT DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang iin trisnawati - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Hipertensi terjadi jika tekanan darah sistolik dan diastolik > 140/90 mmHg dan merupakan kasus kesehatan yang sering terjadi. Hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, gagal ginjal, kebutaan, dan stroke. Pola hidup sehat sangat diperlukan untuk mencegah kenaikan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola hidup sehat yang meliputi menurunkan berat badan dan pengaturan diet, mengurangi asupan garam, melakukan olahraga, dan berhenti merokok dengan tekanan darah pada pasien hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif correlative dengan teknik total sampling. Adapun sampel penelitian berjumlah 65 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 22 pernyataan dalam bentuk skala Guttman. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Chi-Square menunjukkan ada hubungan pola hidup sehat (p-value 0,004), menurunkan berat badan dan pengaturan diet (p-value 0,002), mengurangi asupan garam (p-value 0,013), melakukan olahraga (p-value 0,021), dan berhenti merokok (p-value 0,010) dengan tekanan darah pada pasien hipertensi. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar perawat dapat memfasilitasi informasi tentang pola hidup sehat dan kepada pasien hipertensi untuk menerapkan pola hidup sehat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LATIHAN OTOT PROGRESIF TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Nanda Putri Mawaddah, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN KESTABILAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Halbar August Kanda, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MODIFIKASI GAYA HIDUP PADA ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAJHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Teuku Fajar, 2014)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH (Nelly Kartika, 2015)

GAMBARAN MODIFIKASI GAYA HIDUP BERDASARKAN BEHAVIORAL SYSTEM MODEL PADA PASIEN HIPERTENSI DI POLI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Sri Erfina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.