Search :

Advance


ANALISIS SIKAP POLITIK MAHASISWA FISIP UNSYIAH TERHADAP KEBIJAKAN KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Egi Rahmat Tri Putra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK EGI RAHMAT TRI PUTRA 2017 Analisis Sikap Politik Mahasiswa FISIP Unsyiah Terhadap Kebijakan Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala (Dr. Mujibussalim SH, M.Hum) (xi,65),pp.,bibl,.App. Pada tanggal 17 November 2014, Pemerintahan Ir.H.Joko Widodo dan Drs.H.M.Jussuf Kalla mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut dilakukan dalam upaya mengurangi beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang selama ini dinilai tidak efektif pengelolaannya dikarenakan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) terlalu besar memakan anggaran. Setelah dikeluarkannya ketetapan kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terjadi penolakan dari kelompok-kelompok masyarakat dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap mahasiswa FISIP UNSYIAH dalam menanggapi kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang telah di tetapkan oleh pemerintahan Joko Widodo-Jussuf kalla pada tanggal 18 November 2014. Grand teori yang di pakai dalam penelitian ini adalah teori sikap yang di bagi menjadi 3 komponen oleh berkowizd, yaitu: Sikap Kognitif, Sikap Afektif, dan Sikap Konatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif untuk mengukur sikap mahasiswa yang mengacu pada teori Berkowizd yang membagi sikap kedalam 3 komponen yaitu : sikap Kognitif, sikap Afektif, dan sikap Konatif, hal diperlukan untuk melihat peran dan fungsi mahasiswa. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Skala Likert untuk menyusun kuesioner sebagai instrumen penelitian terhadap responden. Responden dalam penelitian ini di pilih dengan menggunakan Proportionate Stratifeid Random Sampling, dan untuk memilih sampel digunakan asumsi 10 % dari jumlah sampel yang telah di tentukan.Hasil dari penelitian ini di ukur dengan menggunakan range yang telah di tentukan dan di dapatkan sikap kognitif mahasiswa Proportionate Stratifeid Random Sampling Tinggi, sikap Afektif mahasiswa tinggi dan sikap Konatif mahasiswa tinggi untuk menolak kebijkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Mahasiswa FISIP Unsyiah sudah menjalankan perannya dengan baik sebagai intelektual dalam menyikapi kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Di perlukan adanya sebuah wadah diskusi yang independen bagi mahasiswa untuk menjalankan fungsi pengawasan terhadap setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Kata Kunci : Sikap, Mahasiswa, Kebijakan Kenaikan Harga BBM

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TERHADAP BIAYA PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA BANDA ACEH (Syafrul Muluk, 2014)

PERSEPSI MAHASISWA FISIP UNSYIAH TERHADAP PARTAI POLITIK LOKAL DI ACEH (FAJRUL FALAH, 2015)

PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAP BARANG KEBUTUHAN POKOK PENYUMBANG INFLASI DI KOTA BANDA ACEH (FEBRI ALHAFIDHULLAH, 2015)

PENGARUH PEMBERITAAN MEDIA CETAK SERAMBI INDONESIA TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA FISIP UNSYIAH PADA PEMILUKADA ACEH 2012. (Rahmad Muhajir, 2014)

HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (ZULFAN, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.