Search :

Advance


EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Masyitah - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Efektifitas merupakan hasil yang direncanakan sebelumnya tercapai dengan maksimal, sehingga efektifitas mampu mengukur sejauh mana efek yang ditimbulkan terhadap suatu kegiatan. Untuk mencapai keefektifan dalam belajar, seorang guru harus mampu memberikan seluruh tenaga dan pikirannya guna mencapai ketuntasan belajar siswa yang inovatif, kreatif dan kritis. Salah satu cara untuk meningkatkan efektifitas yaitu dengan membuat suatu lembar kerja siswa (LKS) bagi siswa. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil prestasi belajar siswa, respon siswa serta keefektifan lembar kerja siswa (LKS) dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan sampel berjumlah 27 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan, penelitian lapangan yang berupa observasi, angket dan tes yang berupa lembar kerja siswa (LKS). Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Banda Aceh, adapun hasil persentase siswa yang memperoleh nilai yang melebihi KKM adalah sebesar 78%, secara umum respon siswa positif terhadap penggunaan lembar kerja siswa dalam meningkatkan prestasi belajar, dan keefektifitasan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dalam pembelajaran Ekonomi di kelas X IPS pada SMA Negeri 8 telah tergolong katagori efektif dengan dibuktikan oleh hasil belajar siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa (LKS), Siswa lebih aktif bertanya dan berusaha memahami materi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang mencapai nilai ketuntasan setelah menggunakan LKS, dalam kategori sangat baik terdiri dari 21 orang yang lulus setelah menggunakan lembar kerja siswa (LKS), tingkat efektifitas pada materi pembagian ilmu ekonomi memperoleh persentase sebesar 91% diikuti oleh materi prinsip ekonomi sebesar 78% dengan artian memiliki tingkat efektifitas yang efektif, serta materi pengertian ekonomi senilai 70% yang bearti cukup efektif. Kata kunci: efektifitas lks, prestasi belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

EFEKTIFITAS PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (sardiah, 2014)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI RNDI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (YANA SAFNITA SARI, 2014)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 DAN SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013 (aja syarifah ridhka, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.