Search :

Advance


PENGARUH ADISI SEKAM PADI TERHADAP NILAI KUALITAS BRIKET BATUBARA MUTU RENDAH DI ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Andikha R - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh adisi sekam padi terhadap nilai kualitas briket batubara mutu rendah dari Aceh Barat. Pada penelitian ini, batubara dikarbonisasi dengan suhu 550oC selama 45 menit dan sekam padi dikarbonisasi dengan suhu 390oC selama 90 menit. Batubara dan sekam padi masing-masing ditumbuk dan diayak hingga lolos ayakan 60 mesh dan dicampur dengan variasi persentase komposisi bahan baku batubara : sekam padi (100:0; 80:20; 60:40; 50:50; 40:60; 20:80; 0:100). Selanjutnya campuran serbuk briket dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk silinder dan diberi tekanan 5 ton menggunakan press hidrolik. Kualitas briket yang diuji meliputi kadar air, kadar zat terbang, kadar abu, serta nilai kalor briket berdasarkan SNI 01-6235-2000. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi persentase komposisi batubara dan sekam padi pada briket mempengaruhi kualitas briket yang dihasilkan. Nilai kadar air briket maksimum yaitu 8%, nilai kadar zat terbang maksimum yaitu 33,3%, nilai kadar abu maksimum yaitu 8% dan nilai kalor maksimum yaitu 1915,2 kal/g. Berdasarkan hasil pengujian, nilai kadar air dan kadar abu yang dihasilkan telah memenuhi standar SNI, sementara nilai kadar zat terbang dan kalor briket yang dihasilkan belum memenuhi SNI.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK DEGRADASI BRIKET BIJIH BESI CAMPURAN BATUBARA MUDA (Muhammad Afif, 2016)

KAJI EKSPERIMENTAL DEGRADASI BRIKET KOKAS BERBASIS PEREKAT MATERIAL TERBARUKAN ( RENEWABLE MATERIAL ) (SAMSUL BAHRI, 2015)

KAJI EKSPERIMENTAL KARAKTERISTIK PENGERINGAN BATUBARA SUB BITUMINOUS B DENGAN UDARA PANAS SEBAGAI MEDIA PENGERING (Rendra Rusdianto, 2017)

PENGARUH PENGGUNAAN ABU AMPAS TEBU DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI SUBSTITUSI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON MUTU TINGGI (Meirissa Dwihandayani, 2017)

DESAIN DAN PENGUJIAN TUNGKU PEMBAKARAN SEKAM PADI TIPE DRUM STATIS (T. Bahtiar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.