Search :

Advance


MODIFIKASI MATA PISAU PENCACAH DENGAN TIPE CONICAL BURR MILL PADA MESIN PENGGILING BIJI KOPI (COFFEA SP)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M Saifan Saputra - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Tahapan penelitian ini diawali dengan menganalisis mesin sebelumnya, kemudian dilakukan modifikasi. Modifikasi yang dilakukan yaitu mata pisau pencacah biji kopi dengan tipe conical burr mill dan penambahan karet kipas diatas batu gilingan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Perbengkelan Alat dan Mesin Pertanian Prodi Teknik Pertanian Universitas Syiah Kuala dan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober – 5 November 2016. Fungsi dari modifikasi mata pisau pencacah dan penambahan karet kipas adalah untuk mempercepat cacahan dalam penggilingan menggunakan mesin penggiling biji kopi. Karet kipas yang dipakai berbentuk runcing ke atas untuk mempercepat pengambilan biji kopi yang tersangkut di samping tabung penggilingan. Tipe mata pisau pencacah yang dimodifikasi yaitu conical burr mill, sedangkan mata pisau pencacah yang terdahulu yang belum dimodifikasi yaitu mata pisau pencacah tipe U. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan karet kipas dan mata pisau yang sudah di modifikasi didapat waktu penggilingan rata – rata 2 menit 15 detik dengan kapasitas penggilingan yang dapat menghasilkan biji kopi tergiling rata – rata 17,15 Kg/Jam. Sedangkan kapasitas rata – rata dengan menggunakan mata pisau tipe U adalah sebesar 8,57 Kg/Jam. Untuk penggilingan biji kopi sebanyak 1500 gram dalam 3 kali ulangan dengan menggunakan mata pisau tipe U yang belum dimodifikasi diperlukan total waktu 10 menit 32 detik sedangkan dengan mata pisau tipe conical burr mill memerlukan waktu total 5 menit 30 detik. Hasil penggilingan menggunakan mata pisau pencacah tipe U sebelum modifikasi dapat dilihat dari data rata – rata hasil penggilingan dengan mata pisau pencacah tipe U sebelum modifikasi yaitu 489,35 gram. Jadi, Kehilangan pada pengujian alat sebelum modifikasi sebesar 2,13%. Hasil penggilingan menggunakan karet kipas dan mata pisau pencacah tipe conical burr mill sesudah modifikasi dapat dilihat dari data rata – rata hasil sesudah penggilingan sebesar 497,06 gram. Jadi, perbandingan kehilangan pada pengujian alat yang sudah dimodifikasi sebesar 0,59%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KINERJA MESIN SORTASI TIPE SILINDER UNTUK BIJI KOPI BERDASARKAN UKURAN (MAULIDZAR MJ, 2014)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN DAN KETEBALAN PLAT TERHADAP KUALITAS LUBANG UNTUK BENDA KERJA BAJA KARBON SEDANG PADA PROSES DRILLING. (NURDINSYAH, 2013)

ANALISIS KEBISINGAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMOTONGAN DENGAN MENGGUNAKAN POLA LURUS PADA MESIN AGMA A8 (Muhammad Prima Syahputra, 2016)

DESAIN DAN UJI PERFORMANSI MESIN KEPRAS TUNGGUL TEBU DENGAN SUMBER TENAGA TRAKTOR RODA DUA (Bayu Septi Mingga, 2015)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP GAYA TEKAN DAN PROFIL BURR PADA PROSES GURDI (Andi Zairawan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.