Search :

Advance


PEMODELAN BANGKITAN PERGERAKAN BERDASARKAN AKTIVITAS DARI KOMPLEK PERUMAHAN DI KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FERDIANSYAH NOVRIZA - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

PEMODELAN BANGKITAN PERGERAKAN BERDASARKAN AKTIVITAS DARI KOMPLEK PERUMAHAN DI KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT Oleh: Ferdiansyah Novriza NIM. 1409200060029 Komisi Pembimbing 1. Dr. Renni Anggraini, S.T., M.Eng 2. Dr. Eng. Sugiarto, S.T., M.Eng ABSTRAK Kecamatan Meureubo merupakan salah satu dari kecamatan yang berada di Kabupaten Aceh Barat yang saat ini banyak mengalami perkembangan. Hal ini dikarenakan untuk saat ini kawasan tersebut menjadi central pendidikan. Pembangunan tiga buah universitas negeri di kecamatan ini akan berdampak bertambahnya kepadatan penduduk dan jumlah perjalanan di kawasan tersebut. Model bangkitan pergerakan yang dilakukan oleh suatu individu disuatu kawasan perlu diketahui bentuknya dengan mempelajari berbagai variasi hubungan antara karakteristik pergerakan dengan lingkungan tata guna lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model bangkitan pergerakan berdasarkan aktivitas pada penghuni komplek perumahan Buddha Tzu Chi dan perumahan ADB (Asian Development Bank) di Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat dengan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pergerakan oleh penghuni komplek perumahan ke tempat beraktivitas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan kuesioner adapun pembentukan model dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak STATA 13 dengan masing-masing aktivitas tersebut dijadikan sebagai pembanding (base outcome). Model berbasis pemilihan diskret dianalisis dengan pendekatan multinomial logit model untuk mendapatkan utilitas dan probabilitas masingmasing aktivitas. Dalam penelitian ini terdapat tiga jenis aktivitas dominan yang diperoleh yaitu aktivitas sekolah (mandatory), aktivitas bekerja (mandatory) dan gabungan antara aktivitas antar jemput anak, pelayanan urusan rumah tangga dan kegiatan sosial (maintenance). Berdasarkan hasil running dari beberapa variabel yang ada terdapat 6 (enam) variabel bebas yang memenuhi kriteria model yang diinginkan variabel tersebut antara lain adalah jumlah anggota keluarga (X1), jumlah pendapatan keluarga (X2), umur (X8), waktu perjalanan (X9), jenis kelamin (X11) dan kendaraan yang digunakan (X12). Adapun nilai probabilitas untuk masing-masing aktivitas yang ditinjau berdasarkan utilitas yang didapat adalah P(Sosial/antar jemput anak/urusan RT) = 28,13 %, P(Bekerja) = 44,75 %, dan P(Sekolah) = 27,12 %. Kata Kunci: Model bangkitan pergerakan, multinomial logit, aktivitas mandatory, aktivitas maintenance.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK POLA PERGERAKAN PADA PENDUDUK RNPERUMAHAN PINGGIRAN KOTA BANDA ACEH (RIZKI ANDRIALDI, 2015)

EVALUASI MINAT BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PELAJAR SMP NEGERI 5 MEUREUBO KECAMATAN MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Hamidi. A, 2015)

BANGKITAN PERGERAKAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR BERDASARKAN TUJUAN PERGERAKAN DI KOTA LHOKSEUMAWE (HERU PRAMANDA, 2017)

PEMODELAN BANGKITAN PERGERAKAN PEKERJA DALAM RUMAH TANGGA BERDASARKAN WAKTU BERANGKAT DI GAMPONG ATEUK JAWO (Detries Prima April, 2014)

ANALISIS MODEL BANGKITAN PERJALANAN PELAJAR KOMPLEK PERUMNAS JEULINGKE MENUJU KAWASAN PENDIDIKAN DARUSSALAM KOTA BANDA ACEH (Mifta Umara, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.