Search :

Advance


KERAGAMAN SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA JERUK LEMON DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Zarra Fazia - Personal Name
Subyek
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

ABSTRAK KERAGAMAN SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA JERUK LEMON DIKECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR Lalat buah (Diptera: Tephritidae) merupakan hama yang penting pada berbagai tanaman pertanian. Kehilangan hasil yang diakibatkan oleh serangga hama lalat buah berkisar antara 30-100%. Informasi tentang keberadaan jenis- jenis lalat buah yang ada di suatu daerah perlu diketahui dan dilaporkan sebagai langkah awal pengendalian, misalnya jenis lalat buah pada buah jeruk lemon yang dibudidayakan di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman dan kelimpahan populasi lalat buah yang menyerang pertanaman jeruk lemon yang dibudidayakan secara monokultur dan polikultur. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Teladan Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan dilanjutkan dengan indentifikasi lalat buah di Laboratorium Ilmu Hama Tumbuhan Fakultas Pertanian. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2016- Mei 2017. Hasil identifikasi lalat buah yang menyerang jeruk lemon yang dibudidayakan secara monokultur dan polikultur adalah lalat buah dari genus Bactrocera. Hasil identifikasi menunjukkan ada 8 spesies lalat buah yaitu: B. dorsalis, B. papaya, B. carambolae, B. sp 1, B. sp 2, B. sp 3, B. sp 4, B. sp 5. Indeks keragaman lalat buah pada lahan monokultur dan polikultur pada pertanaman jeruk lemon tergolong tidak stabil

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN INSEKTA NOKTURNAL DI TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (T. Ryan Bentara, 2016)

PENYEBARAN BERBAGAI SPESIES LALAT BUAH (DIPTERA: TEPHITRIDAE) YANG MENYERANG TANAMAN MANGGA (MANGIFERA SP) DI KOTA BANDA ACEH (RANANDA ARASTI MEUNA, 2016)

IDENTIFIKASI TUMBUHAN PELETAKAN KEPOMPONG KUPU-KUPU (LEPIDOPTERA) DI KOMPLEK TAMAN HUTAN RAYA POCUT MEURAH INTAN KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Rahmad Fajri, 2017)

INVENTARISASI JENIS LALAT BUAH(DIPTERA: TEPHRITIDAE) PADA BUAH YANG DIPERDAGANGKANRNDI PASARTRADISIONALKOTA BANDA ACEH (novia jastina, 2015)

PERSEPSI MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN KONFLIK GAJAH-MANUSIA TERHADAP KONSERVASI GAJAH DAN HABITATNYA DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR. (Putri Hilmayanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.